Beauty, masihkah kamu makan saat larut malam? Kamu harus segera menghentikan kebiasaan itu kalau kamu enggak mau berat badanmu bertambah. Bagi kamu yang mau diet, kebiasaan menyantap makanan pada larut malam memang menyebabkan kenaikan berat badan, artinya dietmu bisa gagal, Beauty!

Dilansir dari Healthline, studi yang dilakukan oleh Endocrine Society's Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menyantap makanan pada larut malam memang menyebabkan kenaikan berat badan. Hal itu disebabkan pembakaran lemak yang menurun dan kadar gula darah tinggi. Studi yang dirilis oleh mereka ini meneliti 20 partisipan yang berada dalam kondisi sehat.

Partisipan yang terdiri dari 10 pria dan 10 wanita ini dipelajari untuk mengetahui bagaimana metabolisme tubuh mereka ketika makan pada pukul 10 malam. Semua partisipan tidur di waktu yang sama yakni pukul 11 malam. Hasilnya enggak membuat heran, partisipan yang menyantap makan malam lebih larut, memiliki kadar gula darah lebih tinggi sekitar 20 persen dan pembakaran lemak berkurang sebanyak 10 persen dibandingkan mereka yang makan lebih awal meski makanan yang disediakan sama.

Baca Juga: Resep Brokoli Sapi Lada Hitam, Sajian Nikmat Cocok untuk Menu Makan Malam Nih!

Baca Juga: Waw! Menurut Studi Kacang Pistachio Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

"Kami enggak terkejut. Peneliti-peneliti lain telah meneliti ritme sirkadian dan diet, dan laboratorium lain menunjukkan bahwa jika kamu makan di luar ritme sirkadian normalmu, kamu enggak memetabolisme glukosa dengan cara yang sama," jelas Dr. Jonathan C. Jun, penulis studi dan associate professor of medicine di Johns Hopkins University. Tapi, patut dicatat bahwa metabolisme masing-masing orang berbeda, Beauty.

Bagi kamu yang terbiasa tidur cepat juga berpotensi naik berat badan, lho. Ini terjadi kalau kamu menyantap makan malam di waktu larut. Tapi, mereka yang terbiasa begadang enggak terlalu berdampak pada kenaikan berat badan. Selain bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, studi ini juga menyajikan informasi yang penting untuk mencegah sejumlah penyakit.

Menurut Lisa K.Diewald dari Program Manager di MacDonald Center, untuk Penanggulangan dan Edukasi Obesitas di Villanova University M. Louise Fitzpatrick College of Nursing, studi ini menjadi pengingat bahwa mengatur kebiasaan makan yang enggak hanya seputar isi dan ukuran makanan, namun juga waktu makan, bisa berpengaruh pada risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Jadi, masih mau makan larut malam dan mengorbankan kesehatanmu, Beauty?

Baca Juga: Maknyus! Santap Makan Malam dengan Cumi Bakar Teflon Yuk! Bikinnya Enggak Pakai Ribet

Baca Juga: Yummy! Santap Makan Malam dengan Pasta Fettuccine Carbonara ala Menu Pizza Hut Yuk, Begini Resepnya