Siapa suka es krim? Beauty pasti suka es krim, kan? Tahukah kalau makan es krim punya manfaat yang bagus buat kesehatan? Manfaat makan es krim untuk kesehatan: bisa mencegah kanker payudara, meningkatkan mood, hingga menurunkan berat badan, lho!

Es krim adalah salah satu makanan penutup yang menjadi favorit karena rasanya yang enak, manis, menyegarkan dan disukai semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Tapi, sebagian orang merasa khawatir ketika mengonsumsi es krim karena kandungan gula yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan penyakit lainnya.

Eitss, tapi jangan khawatir, Beauty, mengonsumsi es krim dengan porsi yang tepat akan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Enggak cuma itu manfaat es krim untuk kesehatan. Dilansir dari Parenting Firstcry, inilah manfaat memakan es krim:

Baca Juga: Bertarung dengan Kesibukan? Inilah 10 Menu Makanan Murah dan Mudah Buat Working Moms!

Baca Juga: Enak Banget! 9 Macam Sambal Ini Harus Moms Coba di Rumah, Bikin Ngeces...

1. Vitamin dan mineral yang melimpah

Setiap mengonsumsi es krim, tubuh akan memperoleh manfaat vitamin. Es krim yang mengandung dark chocolate salah satu sumber antioksidan dan flavonoid. Kandungan dalam es krim membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung karena kaya akan vitamin dan mineral, komposisi susu pada es krim mengandung vitamin D, vitamin A, kalsium, fosfor, dan riboflavin.

2. Sumber energi 

Kandungan gula pada es krim memberikan energi bagi tubuh. Jadi saat merasa lelah, cukup nikmati sesendok es krim.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh 

Hal ini karena es krim adalah salah satu makanan yang difermentasi. Makanan fermentasi bermanfaat untuk kesehatan pernapasan dan pencernaan. Sistem pernapasan dan kesehatan usus yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Membantu merangsang otak 

Makan es krim dapat membantu merangsang otak sehingga membuat seseorang menjadi cerdas. Salah satu studi menyebutkan orang yang mengonsumsi es krim setiap pagi akan lebih waspada.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ini Sederet Makanan Sehat Penambah Tinggi Badanmu

Baca Juga: Waw! Menurut Studi Kacang Pistachio Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

5. Memperbaiki mood 

Kalau kamu merasa sedih, sebaiknya makanlah es krim. Saat mengonsumsi es krim, tubuh akan menghasilkan hormon serotonin. Hormon ini akan memberikan rasa bahagia. 

6. Meningkatkan libido

Mengonsumsi es krim secara teratur akan meningkatkan libido karena makan es krim bisa menaikkan sirkulasi oksigen ke jaringan, serta akan menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kadar testosteron. 

7. Bisa mencegah kanker payudara 

Penyebab kanker payudara salah satunya adalah kurangnya kalsium dalam tubuh. Kandungan susu memberikan banyak kalsium pada tubuh sehingga bisa menurunkan risiko kanker payudara. 

8. Meningkatkan Kesuburan 

Kalau sedang melakukan program hamil, makan makanan penutup tinggi lemak seperti es krim bisa membantu. Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu tinggi lemak memiliki tingkat kesuburan yang lebih baik dibandingkan yang enggak mengonsumsi produk susu tinggi lemak. 

9. Membantu menurunkan berat badan 

Kamu termasuk sebagian orang yang enggak percaya? Tapi makan es krim memang dapat membantu menurunkan berat badan. Alasannya sederhana, tubuh cenderung kehilangan lebih banyak kalori ketika makan sesuatu yang dingin. Walaupun es krim memliiki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi sebaiknya tidak mengonsumsi es krim secara berlebihan.

Dilansir dari Health Benefits Times, kandungan lemak yang tinggi pada es krim dapat meningkatkan kolesterol dalam darah dan menyebabkan penumpukan plak serta tekanan darah. Gula yang tinggi juga memicu peningkatan gula darah. Makanya, konsumsi es krim dalam keadaan perut kosong karena dapat menurunkan penyerapan karbohidrat dan meningkatkan kemungkinan disfungsi pankreas.