Menu

Penting! Ini Cara Menjaga Tubuh Tetap Ideal Saat Puasa, Nomor 3 dan 4 Sering Diabaikan

04 April 2022 20:20 WIB
Penting! Ini Cara Menjaga Tubuh Tetap Ideal Saat Puasa, Nomor 3 dan 4 Sering Diabaikan

Ilustrasi Badan Langsing. (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak sedikit orang yang memanfaatkan puasa Ramadhan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, beberapa orang percaya kalau dengan berpuasa bisa membantu mereka untuk mengontrol asupan makanan harian.

Melansir dari laman Genpi, Senin (4/4/2022) Dokter Umum Novita mengungkapkan bahwa tak ada yang salah dari keputusan banyak orang untuk diet selama bulan puasa. Namun, program diet selama bulan puasa harus dilakukan dengan cara yang tepat.

"Tidak masalah diet dilakukan bersamaan dengan puasa, asalkan asupan nutrisi tetap terjaga. Bukan malah tidak makan sama sekali," jelas Novita kepada GenPI.co, Minggu (3/4).

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat puasa untuk menunjang diet yang tepat menurut dokter Novita.

1. Minum air secukupnya

Novita mengatakan penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Selain untuk menghindari dehidrasi, konsumsi air mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sebab, air bisa membantu menghilangkan lemak jahat dari dalam tubuh.

2. Melakukan peregangan

Jika sebelumnya memiliki kebiasaan olahraga, jangan hilangkan kegiatan peregangan saat berolahraga selama puasa. Hal itu bisa membantu otot agar tidak kaku.

“Olahraga kecil bisa dilakukan beberapa jam sebelum buka puasa agar tidak membatalkan puasa,” ungkap Novita.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bulan Ramadan, Yuk Ketahui Manfaat Puasa untuk Tubuh!

Baca Juga: Ramadan di Masa Pandemi, Apakah Pasien Corona Boleh Puasa? Ini Jawaban Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Sri Handari