Menu

5 Bahan Alami Tokcer untuk Tingkatkan Imun, Cocok Banget Dikonsumsi saat Bulan Puasa Moms!

14 April 2022 08:25 WIB
5 Bahan Alami Tokcer untuk Tingkatkan Imun, Cocok Banget Dikonsumsi saat Bulan Puasa Moms!

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Dalam situasi yang masih marak virus Covid-19 ditambah lagi dengan bulan puasa, beberapa orang mungkin akan mengalami masalah kesehatan dan penurunan daya tahan tubuh.

Maka dari itu, disarankan agar tetap menjaga dan meningkatkan imun dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang bermanfaat. Apa saja sih bahan alami itu? Yuk gulir terus!

1. Kunyit

Mengutip dari laman Alodokter, kunyit selain dijadikan bumbu dapur dan pewarna makanan alami juga dapat dijadikan sebagai penambah imun. Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram kunyit adalah protein, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin C, zat besi dan kalium.

Selain itu kunyit juga mengandung zat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang baik untuk kesehatan. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi kunyit sebaiknya secukupnya saja. Karena apabila dikonsumsi secara berlebihan kunyit memiliki efek samping seperti sakit kepala, mual, dan ruam pada kulit.

2. Jahe

Sejak dulu, jahe telah dikenal sebagai tumbuhan herbal yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Kebanyakan orang mengonsumsi jahe untuk menghangatkan tubuh saat hawa dingin atau diolah sebagai bumbu masakan. Namun jahe memiliki manfaat lain yakni membantu meningkatkan imun tubuh.

Mengutip dari laman Halodoc, jahe mengandung gingerol yang dapat menghambat infeksi bakteri dan virus. Jahe juga dapat mencegah stress dan kerusakan DNA.

Baca Juga: Detox Bath, Campurkan 5 Bahan Alami Ini ke Bak Mandi Sebelum Berendam dan Rasakan Manfaatnya!

Baca Juga: Wajib Tahu! Pemerintah Uji Klinis Jahe Merah dan Bahan Alami Lain untuk Tingkatkan Daya Tubuh

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza