Menu

Gak Melulu Minum Susu, Ini Lho 5 Cara Ampuh Atasi Rasa Pedas Membakar Mulut dan Perut Panas!

12 April 2022 11:25 WIB
Gak Melulu Minum Susu, Ini Lho 5 Cara Ampuh Atasi Rasa Pedas Membakar Mulut dan Perut Panas!

Mie dog-dog pedas (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bagi kamu pecinta makanan pedas, pasti sudah gak asing lagi dong merasakan perut panas setelah menyantapnya? Sudah tahu menyakitkan, namun makanan pedas akan terus disantap karena memiliki cita rasa yang tinggi dan rasanya seperti ada yang kurang apabila sehari tak mengkonsumsi makanan pedas.

Tentu saja perut panas setelah makan pedas sangat mengganggu dan membuat kamu tak nyaman saat akan meneruskan aktifitas keseharian. Apakah kamu ingin menikmati olahan makanan super pedas tanpa mencemaskan perut yang terasa panas?

Sebelumnya perlu kamu ketahui, apa penyebab perut terasa panas usai mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini dipengaruhi oleh capsaicin yang terkandung dalam cabai. Kandungan ini dapat mengiritasi perut sehingga reaksi yang ditimbulkan yaitu  perut terasa panas.

Meski terdengar mengerikan, namun kondisi ini sesungguhnya dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Nah, berikut adalah daftar makanan yang dapat kamu konsumsi untuk atasi perut terasa panas setelah makan pedas yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Konsumsi Susu

Ketika perut terasa panas maka cobalah untuk mengonsumsi setengah cangkir susu lalu duduk dalam posisi tegak selama 30 menit. Kandungan dalam setengah cangkir susu disebut mampu menetralkan asam dari makanan pedas yang dikonsumsi.

2. Konsumsi Teh Peppermint

Menurut berbagai sumber teh peppermint mengandung  zat anti nyeri yang dapat meringankan gejala perut yang terasa panas usai mengonsumsi makanan pedas. Jika kamu tak suka minum susu maka teh peppermint bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu pasca mengonsumsi makanan pedas.

3. Konsumsi Buah 

Cara lain yang tak kalah manjur guna meredam perut yang terasa panas usai mengonsumi makanan pedas yaitu konsumsi buah segar. Buah segar dipercaya dapat meluruhkan zat capsaicin yang terdapat pada cabai.

Baca Juga: Keren! Ternyata Susu Dancow Bisa Kamu Gunakan untuk Masker Wajah, Gimana Cara Buatnya Ya?

Baca Juga: Deretan Resep Makanan Lezat dengan Mengolah Susu UHT!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza