Menu

Jangan Dibiarkan Beauty! Ini Penyebab dan Cara Atasi Keputihan yang Menggumpal

13 April 2022 12:45 WIB
Jangan Dibiarkan Beauty! Ini Penyebab dan Cara Atasi Keputihan yang Menggumpal

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Jakarta —

Keputihan memang normal untuk dialami para wanita namun keputihan yang mengental bahkan sampai menggumpal sangat perlu untuk diwaspadai.

Keputihan sendiri merupakan cairan alami yang dikeluarkan oleh tubuh melalui organ intim kewanitaan. Cairan ini berfungsi sebagai pembersih alami dan menjaga kelembapan vagina itu sendiri. Selain itu, cairan ini juga berfungsi untuk melindungi vagina dari infeksi.

Keputihan yang dialami oleh setiap wanita ini memiliki konsistensi yang berbeda-beda. Perbedaan itu sendiri dipengaruhi oleh hormon yang diproduksi oleh setiap tubuh wanita.

Meskipun bisa dikatakan normal, adapula kondisi di mana keputihan tersebut menjadi tak normal. Hal ini tentu saja saat tekstur dari cairan keputihan tersebut tak seperti ciri-ciri keputihan normal. Salah satunya adalah keputihan yang menggumpal.

Keputihan menggumpal ini patut untuk diwaspadai, terlebih lagi bila disertai dengan gejala lainnya seperti bau amis, gatal berlebih pada organ intim kewanitaan, dan masih banyak lagi gejala lainnya. Jika kamu sedang mengalami atau pernah ada di kondisi ini, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter. Saat ini konsultasi bersama dokter spesialis bisa dengan mudah dilakukan secara online, lho. kamu bisa konsultasi secara online di sini.

Sebelum itu, simak penjelasan kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan kamu mengalami keputihan yang menggumpal dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Keputihan Menggumpal

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab dari adanya keputihan menggumpal ini, yaitu adanya infeksi dan juga sebagai pertanda dari berakhirnya haid. Infeksi ini sendiri bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga jamur. Untuk lebih tepatnya, simak penjelasannya berikut ini:

1. Vaginosis bakteri

Keputihan yang menggumpal ini bisa jadi disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini juga biasa disebut dengan vaginosis bakteri. Infeksi ini sendiri disebabkan oleh bakteri Gardnerella vaginalis.

Bakteri ini normalnya memang berada di organ intim kewanitaan atau vagina. Namun, jumlahnya yang terlalu banyak membuat adanya infeksi dan akhirnya menimbulkan keluhan seperti keputihan menggumpal.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa di organ intim kewanitaan ini terdapat dua jenis bakteri. Kedua bakteri ini yaitu bakteri baik dan juga bakteri jahat. Bakteri baik memiliki fungsi untuk menjaga pH atau tingkat keasaman vagina agar tetap normal. Saat bakteri jahat yang ada di vagina mulai mendominasi, terjadi ketakseimbangan jumlah bakteri. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya infeksi pada organ intim kewanitaan atau vagina.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya Vaginosis bakteri ini, yaitu:

  1. Adanya perubahan hormon saat menstruasi, hamil, maupun menopause
  2. Mencuci pakaian dalam dengan menggunakan sabun pencuci yang memiliki bahan kimia yang keras
  3. Penggunaan obat antibiotik dalam jangka panjang
  4. Mempunyai riwayat penyakit menular seksual
  5. Membersihkan organ intim kewanitaan dengan menggunakan sabun yang mengandung parfum atau antiseptik
  6. Adanya penurunan jumlah bakteri baik pada organ intim secara alami

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Matamata.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Matamata.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Matamata.com.

Oleh: Azka Elfriza