Menu

Menghindari Iritasi, Pentingnya Pakai Menstual Cup!

Iftihal Muslim Rahman
07 Agustus 2020 21:00 WIB
Menghindari Iritasi, Pentingnya Pakai Menstual Cup!

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash/Lana Abie)

HerStory, Jakarta —

Beauty, melihat di berbagai daerah sudah dipenuhi sampah, maka produk-produk yang menghindari sekali pakai makin marak. Salah satunya adalah penggunaan pembalut. Cawan menstruasi atau menstrual cup adalah pengganti pembalut sekali pakai ini, Beauty.

Menstrual cup ialah semacam cawan elastis yang terbuat dari medical silicone berbentuk corong dengan gagang kecil di bagian pangkalnya. Kamu bisa melihat gambarnya di internet atau sosial media, mengingat penggunaan ini sudah digalakkan oleh banyak influencer, Beauty. Menstrual cup digunakan untuk menampung darah menstruasi yang keluar dari dinding rahim.

Digunakannya alat ini ialah melihat 1 wanita yang menstruasi bisa menghabiskan 1 pak pembalut sekali pakai isi 18. Enggak cuma itu, bagian luar vaginamu perlahan tapi pasti akan ruam kemerahan dan gatal banget. Akhirnya kalau kamu nggak sabaran, menggaruknya menjadikannya iritasi. Belum lagi penggunaan pembalut yang bikin kulit sekitaran vagina jadi lecet.

Dilansir dari beberapa sumber, penelitian mengungkap 8 dari 10 orang yang menstruasi rentan iritasi. Sedangkan dari 8 orang tadi, hanya 1 yang sadar sedang mengalami iritasi. Salah satu penyebabnya ternyata pembalut, lho! Makanya cawan menstruasi ini mungkin bisa membantu mengeliminasi 1 keluhan, yaitu iritasi. Kalau darah menstruasi bisa ditampung bahkan sebelum keluar dari bibir vagina, tentu iritasi yang letaknya di luar vagina akan musnah.

Pemikiran masyarakat tentang menggunakan menstrual cup artinya bermasturbasi atau parahnya melepas keperawanan ini harus kamu jauhi, Beauty. Lagi pula vagina ini elastis jadi nggak akan kendur hanya karena menggunakan menstrual cup, sebab usialah yang membuat vagina bisa kendur, Beauty. 

Ada juga stigma misoginis dan patriarkis yang belum paham betapa elastisnya otot vagina, sehingga nggak berpengaruh bila harus disumpal corong elastis dengan panjang sekitar 7 cm dan diameter sekitar 4 cm, karena ketika dimasukkan pun akan dilipat menjadi hanya sekitar 2 cm saja. Konsep keperawanan pun sebenarnya hanyalah konstruksi sosial yang penuh mitos dan problematik.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah, cawan harus disterilkan terlebih dahulu dengan direbus pada air (mendidih) selama 3-5 menit, lalu angkat dan bilas dengan air dingin bersih. Menstrual cup pun siap dipakai. Cara memakainya dengan melipat cawan terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke vagina.

Meskipun agak aneh karena jadi kebiasaan baru memasukkan benda asing di vagina sendiri, saat memasukkan pun, cawan yang hanya memiliki panjang sejari itu kadang terhenti di tengah. Itu membuat kita harus menarik napas panjang untuk relaksasi, sebelum kembali mendorongnya agar dapat masuk sempurna, Beauty.

Setelah masuk semuanya ke vagina, kamu nggak akan merasakan apapun lagi, lho!

Ketika mau mengeluarkan cawan, memang perlu sedikit usaha terutama bagi kamu yang nggak sabaran. Cawan tersebut seharusnya juga kembali ditekuk, jangan main tarik saja. Kalau langsung tarik begitu, alhasil terasa agak mengganjal saat menuju akhir atau bagian paling atas cawan yang merupakan bagian paling lebar. Menstrual cup bisa berada dalam vagina selama 8-12 jam. Setelah itu, kamu bisa mengeluarkannya untuk dibilas sebelum memasukkan lagi dan mengulangnya hingga siklus menstruasi selesai. Saat membilas, bisa juga pakai sabun antiseptik, Beauty.

Jadi, menstual cup ini menguntungkan banget buat kamu yang sering iritasi karena pembalut yang bahkan nggak cocok dengan kulitmu, Beauty.