Working Moms, jarang ada di rumah kadang bikin was-was apalagi kalau mengetahui si kecil punya alergi dan harus diawasi. Wabah pandemi ini tentunya jadi tantangan baru untuk Working Moms yang terpaksa kerja di luar rumah. Makanya, Moms harus memperhatikan antibodi anak supaya gejala alergi bisa diatasi.

Dilansir dari University of Rochester Medical Center, reaksi alergi yang timbul berkaitan dengan antibodi yang diproduksi oleh tubuh yang disebut imunoglobulin E (IgE). Jadi ketika anak yang menderita alergi, kadar IgE akan relatif tinggi, Moms. 

Antibodi IgE pada tubuh bisa spesifik banget, lho. Artinya, seorang anak bisa saja alergi terhadap suatu zat, tetapi nggak dengan zat lain. Ketika orang yang rentan terkena alergen, tubuh mulai memproduksi sejumlah besar antibodi IgE serupa.

Kembali dilansir dari US National Library of Medicine, gejala alergi dapat dipicu oleh antigen internal yang menyebabkan intoleransi terhadap self-antigen dan mengarah pada perkembangan gangguan autoimun. Jika reaksi alergi terus-menerus dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan perkembangan penyakit yang lebih parah, Moms.

Makanya, Moms perlu mengetahui cara mencegah alergi sejak dini dengan memperkuat sistem imunnya. Contohnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Penelitian menunjukkan 80% sistem imun tubuh berada di sistem pencernaan. Kalau pencernaan si kecil sehat, maka tubuhnya akan lebih kuat untuk melawan infeksi virus maupun bakteri.

Untuk mendapatkan asupan yang mendukung kesehatan pencernaan, Moms perlu memberi asupan yang mengandung probiotik atau bakteri baik, misalnya Bifidobacterium lactis. Hal ini karena Bifidobacterium lactis telah terbukti dapat meningkatkan fungsi usus, memiliki efek perlindungan terhadap diare, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi pernapasan umum, serta mengurangi infeksi saluran pernapasan akut.

Tapi nggak cuma memberi makanan yang bergizi, Moms juga bisa memberikan susu yang mengandung protein terhidrolisa parsial (pHPro). Dalam penelitian pun menunjukkan bahwa susu yang mengandung pHPro telah terbukti mengurangi dan mencegah terjadinya alergi, terutama dermatitis atopik, Moms.

Baca Juga: Makin Bersinar! Harga Emas Antam Naik Rp2.000, Working Moms Semangat Investasi

Jadi, sudah sejauh apa persiapan Moms hari ini menyambut Monsterday esok hari demi kesehatan si kecil?