Menu

Jaga Kesehatan Mental ala Bunga Zainal, Cari Tahu 3 Tips Istirahat dari Media Sosial yang Dapat Kamu Lakukan

29 April 2022 20:20 WIB
Jaga Kesehatan Mental ala Bunga Zainal, Cari Tahu 3 Tips Istirahat dari Media Sosial yang Dapat Kamu Lakukan

Bunga Zainal (Instagram/bungazainal05)

HerStory, Medan —

Bunga Zainal mengajak penggemar untuk beristirahat dalam menggunakan media sosial. Hal tersebut dilakukan guna menjaga kesehatan mental.

Ia sendiri sudah membuktikan khasiatnya. Bunga Zainal sempat rehat selama dua hari dari media sosial.

"Kemane aje marimar? Bertapa yaa," tanya seorang warganet di kolom pertanyaan yang dipasang Bunga Zainal di Instagram Story, Kamis (28/4/2022).

Sambil mengunggah fotonya di bandara, Bunga menjawab, "Hooh bund, rehat sejenak dari sosmed ternyata menyehatkan mental. Tapi cobain dah bund rehat dari sosmed, ternyata seenak itu."

Psikiater anak dan remaja Neha Chaudhary di Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan bahwa media sosial seperti pedang bermata dua.

Di satu sisi, media sosial dapat menghubungkan orang dan mencegah rasa kesepian. Tetapi, platform ini juga berkaitan dengan cyberbullying, membanding-bandingkan, dan fenomena lain yang merusak kesehatan mental.

"Penting untuk menyadari bagaimana kamu menggunakannya. Itu berarti mengetahui kapan harus istirahat dan mengarahkan perhatian ke tempat lain," tutur Chaudhary, melansir media sindikasi Suara.com.

Rehat dari media sosial memang bisa sulit dilakukan. Bagi beberapa orang, bermain platform ini dapat membuat ketagihan dan butuh keinginan yang kuat untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Lalu bagaimana cara beristirahat dari media sosial? Simak informasi selengkapnya dalam artikel yang sudah Herstory rangkum berikut ini, Jumat (29/4/2022).

1. Matikan notifikasi

Pemberitahuan dari media sosial, seperti seseorang yang menyukai atau mengomentari unggahan kita dapat menghasilkan stimulus positif dan pelepasan dopamin. Dorongan dopamin ini dapat menyebabkan perasaan adiktif dan menyulitkan seseorang menghindari media sosial.

Mematikan notifikasi dapat membantu untuk tetap mengambil jeda dari media sosial.

Baca Juga: Disebut Mirip Bintang Film Porno Korea, Bunga Zainal Geram hingga Katakan Hal Ini!

Baca Juga: Blak-Blakan, Bunga Zainal Bongkar Sifat Asli yang Selama Ini Tak Diketahui Bnayak Orang, Ternyata...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Noorma Amalia Siregar