Semua orang ingin memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Salah satu cara untuk tampil percaya diri ialah memiliki senyum yang indah. Aspek penting dalam hal ini adalah memiliki gigi yang sehat. Jika gigi sehat, senyum pasti akan indah. 

Namun, ternyata beberapa minuman dan makanan yang biasa kamu konsumsi bisa merusak kesehatan gigimu loh. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti di lansir dari laman the healthy.

Buah kering

"Buah kering benar-benar seperti makan permen," kata Stephen J. Stefanac, DDS, profesor kedokteran gigi dan periodontik di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Michigan.

"Ini (buah kering) memiliki kekakuan dan kadar gula yang tinggi," sambungnya. Artinya, gula yang ada pada buah kering akan tersangkut di antara gigi kamu, dan menjadi ancaman bagi yang memiliki gigi berlubang. Hindari mengonsumsi buah kering dan pilih buah segar sebagai gantinya.

Soda

Mungkin bukan suatu hal yang mengejutkan bahwa soda enggak baik untuk gigi. Satu kaleng soda berukuran 12 ons mengandung 39 gram gula, hampir sepuluh sendok teh!

Namun, itu bukan satu-satunya masalah. "Ini sangat asam. Dan asam bisa menghancurkan enamel," kata Tricia Quartey, DDS, seorang dokter gigi di Brooklyn, New York.

Jika kamu minum soda sepanjang hari, itu akan meningkatkan eksposur gigi terhadap gula dan asam.

Baca Juga: Dilanda Bad Mood? Coba Deh Konsumsi 5 Makanan Ini!

Jus

Seperti soda, jus dalam botolan juga bisa bersifat asam dan sering mengandung gula tambahan. Kadang-kadang mengandung sebanyak 10 sendok teh per sajian.

Gula itu menjadi makanan bakteri di mulut kamu yang menyebabkan kerusakan gigi. Jika ingin mengonsumsi jus, lebih baik memilih jus apel.

Tyrone Rodriguez, DDS, direktur kedokteran gigi anak di Rumah Sakit Yale, New Haven menyarankan untuk mengurangi gula dalam jus apel lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah.

"Biasanya tidak ada gula tambahan dalam jus apel," katanya.

Saus pasta

Tomat memang memiliki berbagai macam manfaat kesehatan, tetapi juga bersifat asam. Saus asam dapat menghancurkan enamel pada gigi, dan karbohidrat dalam pasta membantu memberi makan bakteri penyebab rongga.

"Makan saus tomat dengan spageti menggandakan kerusakan enamel," kata Dr. Quartey. Sebagai gantinya, Quartey merekomendasikan pasta dengan bahan keju.

Air kemasan

Bahkan air yang dianggap biasa saja dapat mengandung mineral yang ditambahkan perasa. Hal ini dapat meningkatkan keasaman di dalamnya.

Faktanya, air yan ditambahkan perasa bisa menjadi asam seperti kopi atau teh. Sulit untuk mengatakan merek mana yang bersifat asam, jika kamu menemukan kata suling dalam botol, itu merupakan jenis air yang kurang asam. Suling atau distilasi menurunkan keseimbangan pH, skala yang menunjukkan keasaman ke keadaan yang lebih netral.

Kopi, teh, frappé

Kopi dan teh mungkin membuat kamu tetap bugar dan tahan kantuk. Tetapi, keduanya bersifat asam dan diuretik. Artinya dapat mengeringkan mulut. Sedangkan Frappe itu bahkan lebih buruk karena kandungan gula yang ada di dalamnya.

“Air liur adalah sistem penyangga alami untuk membilas semuanya. Ketika kehabisan (air liur), kamu akan lebih rentan terhadap gigi berlubang dan permasalahan pada gusi," ujar Dr. Rodriguez.

Untuk menjaga kesehatan gigimu, lebih baik kamu menghindari makanan serta minuman di atas ya, Beauty!