Menu

Waspada! Musim Panas Tingkatkan Risiko Infeksi Jamur pada Vagina, Cegah dengan 5 Cara Ini

12 Mei 2022 18:00 WIB
Waspada! Musim Panas Tingkatkan Risiko Infeksi Jamur pada Vagina, Cegah dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi merawat area kewanitaan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Musim panas menyebabkan tubuh lebih cepat berkeringat dan bagian tertentu menjadi lebih lembab. Kondisi ini memungkinkan terjadi infeksi jamur pada bagian tubuh tertentu, seperti vagina. 

Pertumbuhan jamur yang berlebihan dan gak terkontrol berdampak buruk bagi kesehatan vagina. Gejala yang ditimbulkan berupa iritasi vagina, keputihan, sensasi terbakar, gatal, nyeri saat buang air kecil serta sakit ketika berhubungan seks.

Jangan khawatir, Herstory sudah merangkum 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi jamur pada Miss V. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Memakai pakaian berbahan katun yang longgar

Hal terpenting untuk mengurangi keringat dan kelembaban di area intim adalah 'ventilasi' yang baik. Mengenakan pakaian dalam berbahan katun dan menghindari bahan spandex atau polyester sangat dianjurkan, terutama jika banyak berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan.

2. Mandi dan jaga area intim

Jika Anda berolahraga atau mengenakan pakaian ketat dalam waktu lama, disarankan agar mandi sebelum tidur dan menghindari mengenakan pakaian dalam saat tidur untuk meningkatkan ventilasi.

Bila pergi ke pantai, ganti pakaian renang yang basah dengan pakaian dalam katun kering.

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Noorma Amalia Siregar