Kalau kita sudah merasa lelah tanpa sebab pasti akan membuat kita menjadi malas untuk melakukan aktifitas lainnya. Rasa lelah memang menjadi salah satu alasan yang menghambat kita dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan juga mengatasi hal seperti ini antara lain dengan mengatur pola makan kamu! Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan energi tinggi supaya kamu bisa menjadi lebih fokus beraktivitas sepanjang hari.

Berikut ini hal yang harus kamu ingat dalam mengatur pola makan untuk atasi rasa lelah!

Jangan Lupa Sarapan!

Sebuah penelitian mengatakan bahwa sarapan bisa membantu kamu dalam melaksanakan aktifitas dengan sebaik mungkin dan bisa mencegah nafsu makan meningkat. Kemudian, sarapan juga bisa mengurangi rasa lelah ketika sedang berkegiatan. Akan lebih baik jika kamu selalu mengusahakan untuk memakan sarapan sebelum melakukan aktifitas seharian!

Kurangi Minum Kopi

Jika kamu ingin meminum kopi lebih baik minum satu hingga dua cangkir saja setiap harinya. Karena jika kamu terlalu banyak meminum kopi maka kamu akan lebih mudah merasa lelah, kemudian minum kopi di sore hari bisa membuat kamu susah tidur di malam hari lho!

Hindari Karbohidrat Olahan

Kandungan karbohidrat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kalau kamu memakan karbohidrat olahan malah akan membuat tubuh kamu menjadi mudah lelah dan mengantuk. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi karbohidrat murni dan makan makanan yang kaya akan serat seperti oatmeal, beras merah, brokoli, asparagus dan juga bayam.

Makan Protein tanpa Lemak

Baca Juga: Awas! Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi pada Tubuh, Jangan Makan Cokelat Sebelum Tidur

Jika kamu memakan makanan yang mengandung protein maka tubuh kamu akan merasa kenyang lebih lama dari biasanya karena protein membutuhkan waktu lama untuk diserap dan dicerna oleh tubuh kita. Kemudian, jika kamu konsumsi protein bersamaan dengan karbohidrat maka protein akan membantu memperlambat pelepasan gula ke aliran darah, hal ii akan membuat energi yang dihasilkan oleh tubuh menjadi lebih besar.