Menu

4 Makanan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil, Wajib Konsumsi Ya

25 Mei 2022 16:50 WIB
4 Makanan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil, Wajib Konsumsi Ya

Illustrasi Ibu Hamil Buka Puasa (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi, ini karena makanan bergizi sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. 

Meski demikian, ibu hamil juga gak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Pasalnya, ada beberapa makanan bergizi yang gak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. 

Lantas, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi ibu hamil? Melansir dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

Bayam

Bayam sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan, khusunya untuk ibu hamil muda. Kandungan asam folat pada bayam diperlukan pada awal kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir seperti anensepali, dan spina bifida. Selain itu, asam folat juga berperan dalam mencegah risiko terjadinya persalinan prematur dan preeklamsia.

Alpukat

Ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat. Alpukat diketahui bisa mengurangi keluhan kram kaki dan membantu perkembangan otak dan kulit janin.

Pisang

Kandungan vitamin B6 pada pisang baik untuk mengurangi rasa mual pada trimester pertama. Pisang juga kaya kalium yang bermanfaat untuk mengatur keseimbagan cairan dan elektrolit selama kehamilan.

Ubi

Ubi kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A sendiri sangat pnting untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin. Selain dari ubi, vitamin A juga bisa didapat dari kangkung, labu kuning, hingga mangga.

Baca Juga: Tokcer! Selain Cegah Mual, 5 Khasiat Semangka Kuning untuk Ibu Hamil Bikin Melongo Moms!

Baca Juga: Catat! Ini 4 Pantangan Ibu Hamil Trimester Pertama, Jangan Diabaikan Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.