Menu

5 Definisi Kasus Cacar Monyet Menurut Kemenkes, Moms Harus Waspada dan Pahami Perbedaannya Ya!

30 Mei 2022 10:50 WIB
5 Definisi Kasus Cacar Monyet Menurut Kemenkes, Moms Harus Waspada dan Pahami Perbedaannya Ya!

Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kemenkes atau Kementerian Kesehatan RI menghimbau seluruh warga untuk waspada akan penyebaran cacar monyet atau yang juga dikenal sebagai monkeypox. Baru-baru ini, ada perbedaan definisi yang disusun oleh Kemenkes demi membedakan pasien yang terinfeksi penyakit ini.

Walaupun belum ada laporan kasus monkeypox di Indonesia, klasifikasi diperlukan sebagai antisipasi agar warga dan jajaran kesehatan tak gagap dengan penyakit ini. Melansir kemkes.go.id, berikut lima definisi kasus cacar monyet yang perlu diketahui masyarakat.

1. Suspek

Suspek adalah orang dengan ruam akut (papula, vesikel dan atau pustula) yang tak bisa dijelaskan pada negara non-endemis.

Orang dengan kategori suspek punya satu atau lebih gejala seperti sakit kepala, demam akut di atas 38,5 derajat Celsius, Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri otot, sakit punggung, dan asthenia (kelemahan tubuh).

2. Probable

Probable merupakan seseorang yang memenuhi kriteria suspek dengan kriteria antara lain.

  • Punya hubungan epidemiologis (paparan tatap muka, termasuk petugas kesehatan tanpa APD); kontak fisik langsung dengan kulit atau lesi kulit, termasuk kontak seksual; atau kontak dengan benda yang terkontaminasi seperti pakaian, tempat tidur atau peralatan pada kasus probable atau konfirmasi pada 21 hari sebelum timbulnya gejala.
  • Punya riwayat perjalanan ke negara endemis Monkeypox pada 21 hari sebelum timbulnya gejala.
  • Hasil uji serologis orthopoxvirus menunjukkan positif tapi tak mempunyai riwayat vaksinasi smallpox ataupun infeksi orthopoxvirus.
  • Dirawat di rumah sakit karena penyakitnya.

Baca Juga: Catat! 7 Manfaat Semangka Bagi Tubuh yang Kamu Mesti Tahu, Salah Satunya untuk Otak!

Baca Juga: Masih Banyak yang Gak Tahu! Ini Lho 5 Manfaat Konsumsi Buah Stroberi untuk Kesehatan, Salah Satunya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza