Menu

Masih Banyak yang Gak Tahu, Ini Sederet Ciri Menopause Moms

30 Mei 2022 14:45 WIB
Masih Banyak yang Gak Tahu, Ini Sederet Ciri Menopause Moms

Illustrasi Wanita Alami Menopause (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Wanita yang memasuki usia 45 hingga 55 tahun umumnya akan mengalami gejala menopause. Menopause sendiri identik dengan perubahan siklus menstruasi. Padahal, terdapat ciri menopause lainnya namun masih banyak yang tidak menyadari hal tersebut.

Sebelum mengetahui ciri-ciri menopause, coba perhatikan pengertian menopause dibawah ini, dilansir dari berbagai sumber, Senin (30/5/2022).

Pengertian Menopause

Menopause adalah akhir dari siklus menstruasi wanita. Istilah ini dapat menggambarkan setiap perubahan yang wanita alami sebelum atau setelah berhenti menstruasi, menandai akhir dari tahun-tahun reproduksi wanita.

Menopause adalah hal yang normal terjadi setelah menginjak usia 40 tahu, namun tak jarang juga ada yang mengalami menopause dini. Ini bisa merupakan hasil dari pembedahan, seperti jika indung telur mereka diangkat dalam  histerektomi, atau kerusakan pada indung telur atau kemoterapi. Biasanya itu terjadi sebelum usia 40 tahun.

Ciri-ciri Menopause

- Menstruasi tidak merata atau terlewat

- Kekeringan vagina

- Payudara sakit

- Ingin buang air kecil lebih sering

- Sulit tidur

- Perubahan emosi

- Kulit, mata, atau mulut kering

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.