Minum air sangat penting untuk kesehatan tubuh. Air dibutuhkan tubuh untuk menjaga kelembapan atau hidrasi agar organ-orang bisa bekerja secara normal. Tubuh membutuhkan air karena seiring berjalannya waktu, hidrasi dalam tubuh menghilang karena ke luar melalui keringat hingga saat buang air kecil.

Salah satu contoh tubuh alami dehidrasi, seperti alami pusing, mulut kering atau tak buang air kecil dalam waktu yang lama. Tubuh yang dehidrasi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Nah, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat mengancam tubuhmu jika tak cukup banyak minum air:

1. Mata kering

Salah satu tanda dehidrasi pada tubuh adalah kondisi mata yang kering. Ya, mata kering terjadi saat tubuh tak mengeluarkan cukup air mata untuk melihat dengan jernih. Jika ini terjadi tentudapat menyebabkan iritasi mata dan penglihatan jadi kabur.

“Saat kamu mengalami dehidrasi, mata menghasilkan lebih sedikit air mata sehingga tak lagi terlumasi dengan baik. Itulah yang dapat menyebabkan mata kering,” terang Dr. Ryan Parker, O.D., ahli optometri kepada Bustle.

2. Kram

Selain mata kering, ternyata dehidrasi juga membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap kram. Dr. Natasha Trentacosta MD, spesialis kedokteran olahraga di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute, mengatakan bahwa saat dehidrasi tubuh alami kram panas, di mana otot-otot tubuh mengeras secara tak sengaja. Biasanya ini terjadi pada atlet yang berolahraga di iklim panas dan banyak berkeringat, sehingga tubuh mereka terkuras natrium dan elektrolit. Inilah sebabnya mengapa penting untuk tetap terhidrasi selama berolahraga atau bahkan saat tubuh sedang dipijat.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Lho Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur