Siapa sih yang enggak suka dengan minuman bersoda? Siang-siang gini memang enaknya minum soda dingin. Minuman ini jadi salah satu pilihan untuk menyegarkan tenggorokan. Selain itu, soda juga cocok banget dipasangkan dengan beberapa makanan, seperti saat makan popcorn bioskop, saat makan ayam krispi hingga makanan-makanan berlemak.

Sangat sulit menghilangkan kebiasaan konsumsi soda sehari-hari. Padahal soda bisa berbahaya untuk kesehatan. Salah satunya dapat memicu penyakit diabetes tipe 2.

Untuk diketahui, tubuh yang mengonsumsi satu hingga dua minuman manis per hari dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 26 persen lho.  Penemuan tersebut muncul dari sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard.

"Hubungan antara soda dan risiko diabetes ini kemungkinan besar merupakan hubungan sebab-akibat," tulis para peneliti dikutip dari Medical Daily (31/8/2020).

Bagaimanapun, kekurangan serat dan jumlah gula yang berlebihan bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Jika seseorang terus mengonsumsi minuman manis, itu pasti akan mengembangkan resistensi insulin.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Cegah Diabetes di Usia Muda, Mulai Terapkan Yuk!