Makanan kemasan banyak dicari karena kepraktisannya. Nah, bicara soal makanan kemasan, tanggal kedaluwarsa jadi salah satu hal yang diperhatikan saat memilih makanan. Namun, banyak yang salah kaprah mengartikan tanggal kedaluwarsa.

Biasanya makanan yang telah lewat masa kedaluwarsa langsung dibuang karena dianggap tak layak konsumsi. Padahal ada beberapa jenis makanan yang masih bisa dikonsumsi meski sudah lewat tangga kedaluwarsa lho. Berikut adalah 5 makanan yang dapat dikonsumsi dengan aman meskipun telah lewat tanggal kedaluwarsanya:

1. Keju

Salahs satu makanan yang aman dikonsumsi meski sudah melewati tanggal kedaluwarsa adalah keju. Meskipun ada sedikit jamur yang tumbuh, tetap aman untuk mengonsumsi keju kedaluwarsa selama kamu memotong jamur yang ada di keju dan kondisi keju masih beraroma normal atau tak mengeluarkan bau aneh.

Melansir Bustle (1/9/2020) penjual keju asal New York, Rachel Freier, mengatakan bahwa keju bertekstur semi-keras dan semi-lunak dapat bertahan selama dua hingga empat minggu setelah tanggal kedaluwarsa. Namun, ia menyarankan untuk lebih berhati-hati mengonsumsi keju bertekstur lembut setelah kedaluwarsa karena memiliki kelembapan lebih tinggi.

2. Sereal

Meskipun mungkin mulai agak basi, sereal memiliki umur simpan yang jauh melampaui tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Seperti banyak makanan, jika disimpan dengan benar, seperti di tempat yang sejuk dan kering, sereal bisa bertahan berbulan-bulan setelah tanggal kedaluwarsa.