Sepertinya, hampir setiap anak akan tergoda bila melihat makanan makanan dengan cita rasa manis. Mulai dari es krim, coklat, permen, aneka kue, dan makanan manis lainnya begitu menggiurkan untuk dicoba dan mereka menyukainya. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis enggak baik untuk kesehatan si kecil.

Beauty, mungkin kamu akan kewalahan saat meminta si kecil berhenti mengonsumsi makanan manis. Tapi, di sini peranmu sangat penting untuk membuatnya terhindar dari berbagai penyakit yang enggak diinginkan.

Seperti yang disebutkan dalam laman verywellfamily, anak yang kecanduan mengonsumi makanan manis alias kecanduan gula sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan juga psikisnya.

Ketika sudah kecanduan gula, mungkin si kecil akan mengalami gejala putus zat saat enggak mengonsumsi makanan manis selama dua sampai tiga hari. Seperti suasana hatinya akan berubah, lebih mudah tersinggung, tremor, dan perubahan tingkat aktvitasnya.

Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/9/2020), berikut lima bahaya yang bisa mengintai kesehatan si kecil bila sering mengonsumsi makanan-makanan manis.

Gizinya enggak seimbang

Ketika masuk ke dalam tubuh, gula akan diubah menjadi energi dan membuat si kecil kenyang lebih lama. Kondisi ini akan menurunkan nafsu makannya sehingga kebutuhan nutrisinya enggak terpenuhi. Padahal, tubuh si kecil membutuhkan asupan nutrisi penting lainnya. Seperti vitamin, lemak, protein, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Baca Juga: Moms, Ingin Anak Suka Makan Sayur? Gampang Ikuti Tips Berikut Ini Yuk!