Di masa pandemi, aktivitas belajar yang dilakukan dirumah bisa membuat anak cepat bosan dan malas. Kalau begini fungsi otak si kecil bisa terhambat. Jangan khawatir, selain mendampingi belajar, Moms juga bisa melengkapi asupan nutrisi si kecil dengan menyajikan makanan yang berperan penting dalam meningkatkan kinerja otak.

Pilihlah makanan bernutrisi yang baik untuk konsentrasi, daya ingat, serta kemampuan berpikir anak. Dilansir dari BBC goodfood, Selasa (8/9/2020) berikut beberapa makanan yang bisa maksimalkan kinerja otak. sajikan makanan ini untuk sarapan si kecil sebelum memulai aktivitas belajarnya.

Telur

Otak si kecil terus berkembang secara signifikan, terutama di tahun-tahun pertama usia mereka. Kuning telur mengandung kolin sebagai vitamin penting yang memainkan peran dalam pembentukan sel memori otak. Selain itu telur juga kaya akan protein dan mengandung zat besi, folat dan vitamin A yang semuanya penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan perkembangan sel. Moms bisa menyajikan telur rebus untuk sarapan si kecil.

Ikan kaya lemak

Ikan Kaya akan omega-3 yang berperan penting dalam pembentukan struktur sel pada otak. Ikan kaya lemak seperti salmon, tuna dan sarden memiliki berbagai manfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak omega-3 berkaitan dengan fungsi neurotransmiter pada otak yang berperan dalam pembentukan prilaku anak. Penelitian lain menyebutkan bahwa anak yangkekurangan omega-3 cenderung sulit belajar membaca. Moms, cobalah untuk mengganti hidangan daging dengan ikan. Sajikan seminggu sekali untuk si kecil.

Susu, yogurt dan keju

Baca Juga: Wadaw! Ternyata Makan Putih Telur Berbahaya untuk Tubuh! Kenapa Ya?

Susu, yogurt dan keju kaya akan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmiter dan enzim yang semuanya memainkan peran penting di otak. Manfaat lainnya, makanan ini mengandung kalsium tinggi yang penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat dan sehat. Anak-anak memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda tergantung pada usia mereka, tetapi Moms sebaiknya memasukkan dua hingga tiga makanan sumber kalsium setiap harinya.