Menu

Disebut Makanan Orang Kaya, Apa Sih Keunggulan dan Manfaat Kerang Abalon? Ternyata Oh Ternyata...

14 Maret 2024 15:25 WIB
Disebut Makanan Orang Kaya, Apa Sih Keunggulan dan Manfaat Kerang Abalon? Ternyata Oh Ternyata...

Ilustrasi Kerang Abalone (Unsplash/jaime sanders)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu senang mengkonsumsi kuliner berbahan dasar seafood? Mungkin nama seperti kerang atau bahkan abalon sudah tak lagi asing di telingamu ya terlebih jenis abalon.

Diketahui bahwa abalon adalah jenis kerang yang paling mahal karena memiliki kualitas tinggi atau premium.

Melansir dari data USDA Food Data Central melalui laman sindikasi kontan suara.com, kerang abalone dengan kualitas terbaik bisa dihargai sekitar 85 ribu hingga 100 ribu rupiah per ekor lho!

Harga tersebut dikarenakan kerang ini hanya bisa ditemukan di dasar laut dengan kedalaman ratusan meter dan cukup terkenal susah diolah. Namun, kerang ini memiliki citarasa yang cukup nikmat meskipun mahal. Selain itu, kerang yang hanya memiliki 1 sisi cangkan tersebut juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan apabila dikonsumsi. Berikut 3 manfaat mengonsumsi kerang abalone.

1. Mengurangir Risiko Penyakit Jantung dan Batu Ginjal

Selazimnya makanan yang berasal dari laut, kerang abalone juga dikenal memiliki kandungan omega-3 dan kalium yang cukup tinggi. Melansir dari artikel berjudul “What Is Abalone and Is It Good For You?”, dalam setiap 100 gram daging kerang abalone mengandung sekitar 190 miligram kalium. Jumlah tersebut dapat memenuhi sekitar 10% asupan kalium harian bagi orang dewasa.

Kalium tersebut berguna untuk mendorong sistem metabolisme dalam tubuh dan menyehatkan sistem saraf. Jumlah kalium yang tinggi tersebut juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan juga batu ginjal. Selain itu, kandungan kalium tersebut juga membantu mencegah risiko osteoporosis pada manula.

Baca Juga: Kasus DBD Makin Naik, Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan Demam Berdarah! Moms Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: Gak Perlu Botox, Ini 5 Makanan yang Bikin Kulit Kencang Terawat! Mau Coba Gak Moms?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan