Beauty, apakah kamu  sering lupa, Salah fokus bahkan susah konsentrasi? Itu tandanya fungsi otakmu kurang optimal. Padahal, penting bagi kita untuk meningkatkan  fungsi otak dengan baik. Kamu bisa coba lakukan beberapa cara sederhana dan unik ini dirumah. Gampang, lho!

Cara ini menggabungkan kinerja indra fisik yaitu pengelihatan, pendengaran, penciuman, peraba, perasa dengan Indra emosional yang dipercaya bisa merangsang koneksi antar area otak yang berbeda. Fungsinya untuk melatih daya ingat dan tahan terhadap efek penuaan. Dilansir dari Reader’s Digest, Selasa (8/9/2020), berikut berbagai cara untuk tingkatkan fungsi otak.

Sikat gigi dengan tangan non dominan

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan sisi berlawanan dari otak dapat menghasilkan perluasan yang cepat dan substansial pada bagian korteks yang mengontrol dan memproses informasi sentuhan dari tangan.

Cobalah menyikat gigi dengan tangan non dominan. Buka tutup pasta gigi dan oleskan pada sikat gigi dengan memakai tangan non dominan. Jika kamu banyak meggunakan tangan kanan, sesekali lakukanlah dengan tangan kiri, begitupun sebaliknya.

Mandi dengan mata tertutup

Latihan ini mengoptimalkan fungsi indra peraba. Saat mandi dengan mata tertutup, tangan akan merasakan beragam tekstur tubuh yang tidak terlihat dan akan mengirim pesan kembali ke otak. Cobalah hidupkan keran dengan mata tertutup lalu basuh dan bersihkan tubuh dengan mata terpejam. Ingat, lakukan dengan hati-hati ya!

Baca Juga: Waduh! Tak Hanya Merusak Paru-paru, Infeksi Corona Juga Bisa Sebabkan Mati Otak