Beauty, Maya Hawke mulai terbuka tentang dirinya yang disleksia, gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. 

Ia pun menceritakan bahwa ia kesulitan membaca dan mengeja saat masa kanak-kanak. Hawke menjelaskan perjalanan hidupnya sebagai penyandang disleksia enggak mudah. 

Kendati demikian, wanita berusia 22 tahun ini menganggap disleksia sebagai berkah terbesar.

“Ketika kecil, saya sempat dikeluarkan dari sekolah karena selalu sulit membaca. Saya akhirnya dipindahkan ke sekolah khusus untuk anak dengan ketidakmampuan belajar, dan saya butuh waktu lama untuk membaca, kemampuan saya terbatas," tutur Hawke.

Dilansir dari People, penyandang disleksia biasanya memiliki kecerdasan visual dan spasial serta kreatif, lho. Musisi kenamaan John Lennon pun termasuk orang hebat yang juga disleksia. Makanya Hawke menganggap gangguan membaca itu sebagai anugerah.  

“Saat ini dunia juga memberikan begitu banyak pilihan. Saya memiliki keterbatasan dalam satu hal, tapi juga memilihi kelebihan dalam hal lain. Makanya saya bertekad untuk mencintai dan menerima itu semua,” jelasnya.

Hawke pun memuji peran orang tua, Uma Thurman dan Ethan Hawke, yang enggak berhenti memberi dukungan kepadanya. Ibu dan ayah Hawke yang merupakan seorang aktris dan aktor itu berhasil mengarahkan dan mengasah potensi buah hatinya di industri kreatif.

"Sulit banget, berada di kelas dengan kondisi seperti saya. Nilai selalu lebih rendah daripada anak anak lain, dan Anda tahu, bagaimana anak lain memperolok saya. Tapi orang tua saya melakukan pekerjaan luar biasa dengan terus mendukung saya untuk menjadi kreatif,” tuturnya.

Hawke sebelumnya menjelaskan tentang bagaimana disleksia membuat perannya sebagai Jo dalam mini seri film Little Women dari BBC tahun 2017 menjadi lebih bermakna.

“Jo adalah inspirasi besar bagi saya, sehingga saya memiliki semangat untuk mengejar kecintaan saya pada membaca dan menulis, bahkan ketika itu menantang,” kata Hawke kepada Elle pada 2019.

Baca Juga: Wadaw! Ternyata Inilah 4 Fakta Mengejutkan Racun Ricin, Bahaya Banget!

Beauty, kisah Hawke ini bisa banget kamu jadikan semangat untukmu yang juga menderita disleksia sebagai sesuatu yang bisa membuatmu jauh lebih hebat. Semangat terus, Beauty.