Moms, anak yang susah makan sayur kadang memang menjengkelkan. Padahal si kecil perlu asupan gizi dan nutrisi seimbang untuk perkembangan tubuhnya. Rasanya luar biasa sulit, saat membujuk anak agar mau makan makanan sehat. Tapi Moms, sebaiknya jangan dipaksa. Hal ini bisa mempengaruhi mental si kecil.

Anak akan memiliki persepsi negatif terhadap makanan sehat karena dipaksa. Akibatnya anak cenderung memiliki stigma bahwa makanan yang sehat sudah pasti tidak enak. Disini Moms perlu melakukan berbagai trik agar si kecil percaya bahwa makan makanan sehat itu enak dan menyenangkan. Melansir Muslimah Daily, Rabu (9/9/2020) ikuti trik jitu berikut ini, agar anak mau konsumsi makanan sehat.

1. Manfaatkan aplikasi ponsel

Jika Moms merupakan pengguna smartphone, cobalah unduh aplikasi yang dapat menunjukan makanan mana yang bagus untuk anak dan tidak. Aplikasi semacam ini biasanya akan me-scan makanan-makanan kemasan yang memiliki barcode dan memberikan nilai untuk masing-masing makanan tersebut. Ajak anak menggunakan aplikasi ini sehingga mengajari anak mengenai makanan sehat pun akan terasa seperti bermain game.

2. Latih anak agar makan dengan tidak terburu-buru

Biasakan anak untuk menunggu selama 30 detik dari suapan pertama hingga ke suapan kedua, begitupun selanjutnya. Dengan begitu tubuh anak memiliki waktu untuk memberikan sinyal ‘kenyang’ sehingga anak akan makan sesuai dengan kebutuhannya.

3. Meniru trik marketing produk makanan anak

Percaya atau tidak, anak akan memilih brokoli dalam kemasan yang terdapat tokoh kartun kesukaannya dibanding coklat tanpa kemasan menarik. Trik inilah yang sering digunakan untuk mengiklankan produk makanan untuk anak-anak. Moms bisa gunakan trik ini dengan membuat versi makanan biasa menjadi luar biasa dengan mengubah penampilannya saat akan menyajikan. Hal ini bisa menambah ketertarikan anak untuk mengonsumsi buah dan sayur.

4. Buat permainan "Siapa mamaku?"

Pada permainan ini, Moms dan si kecil akan bergantian mengelompokkan makanan sesuai dari asalnya. Misalnya, Apel berasal dari pohon, atau susu dari sapi. Jika makanan tersebut memiliki pohon keluarga dari bahan-bahan alami, beri tahu anak bahwa itulah makanan yang sehat. Namun jika asal makanan tersebut dari gelatin atau kalsium karbonat atau zat-zat kimia lainnya yang mereka tidak ketahui apa itu, maka makanan tersebut tidak termasuk dalam makanan yang sehat.

5. Ajak anak masak bersama

Libatkan anak saat memasak, misalnya memotong sayuran atau sekadar mencuci sayuran dan buah. Ketika anak dilibatkan dalam proses memasak, biasanya ia akan lebih semangat untuk memakan makanan buatannya sendiri.

Baca Juga: Moms Anak Tak Nafsu Makan Setelah Sakit? Jangan Panik, Begini Tips Mengatasinya

Cepat atau lambat, makanan yang kurang sehat akan berdampak bagi si buah hati. Moms sekarang sudah tau trik agar anak makan makanan sehat. Yuk biasakan anak untuk konsumsi makanan yang baik bagi dirinya sedini mungkin.