Menu

Moms Jangan Sampai Salah Ya! Ini 4 Tipe Orangtua yang Bisa Jerumuskan Anak Jadi Pengguna Narkoba, Catat!

22 Juni 2022 12:30 WIB
Moms Jangan Sampai Salah Ya! Ini 4 Tipe Orangtua yang Bisa Jerumuskan Anak Jadi Pengguna Narkoba, Catat!

Cara mendidik anak laki-laki

HerStory, Jakarta —

Banyak sekali faktor yang bisa membuat anak menjalani kehidupan yang salah, salah satunya adalah mengkonsumsi narkoba. Peran orangtua tentu sangat penting dalam hal ini karena bagaimanapun juga orangtua adalah sekolah pertama bagi anak.

Salah satunya hasil penelitian oleh Asmoro dan Meliliani (2016) pada jurnal biometrika dan kependudukan, dijelaskan bahwa orangtua menjadi faktor penting terhadap penyalahgunaan narkoba

Menurut penelitian itu, ada empat tipe orang tua yang memiliki kemungkinan besar menjerumuskan anak-anaknya kepada penyalahgunaan narkoba.

Tipe orangtua dengan sistem otoriter

Ketegasan memang sangat diperlukan untuk mendidik anak-anak, tetapi bukan sikap otoriter yang semena-mena. Ketika orangtua melarang suatu hal perlu ada penjelasan dan pendekatan yang persuasif agar si anak memahami. 

Kalau hanya melarang dan tak memberi penjelasan, ini tak berbeda dengan diktator. 

Pada persoalan ini keotoriteran yang dimaksud cenderung ke arah diktator. Memang persoalan keotoriteran ini tak akan memberikan dampak positif terutam dalam pengelolaan keluarga.

Tipe orangtua tak harmonis

Banyak percekcokan yang dilakukan Ayah dan Bunda, membuat anak tertekan dan tak mendapatkan lingkungan kondusif untuk perkembangan mental dan kognitifnya.

Pada akhirnya berujung pada perceraian. Tak sedikit mereka yang merasa kesal dengan kondisi rumah melampiaskannya ke pergaulan dengan teman-temannya.

Bahkan mereka mencoba hal-hal yang menarik untuk mereka, meskipun itu dilarang oleh hukum maupun agama. 

Ironisnya, tipe keluarga yang seperti ini yang paling banyak menyumbangkan korban-korban narkoba. 

Baca Juga: Blak-Blakan Pernah Cicipi Narkoba, Nikita Mirzani Sesumbar: Kan Gak Bisa Ditangkap...

Baca Juga: Dituduh Pakai Narkoba, Marissya Icha Laporkan Mantan Suami ke Polda: Banyak Orang Berbalik Nyerang Saya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Oleh: Azka Elfriza