Sebagai seorang ibu, tentu kamu menginginkan si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat kan, Moms? Hal yang paling kamu nantikan dari perkembangannya ialah saat anak mulai berbicara dan juga melangkah hebat dengan kaki kecilnya, bukan? Tapi, kamu seringkali di buat khawatir saat anak mulai memasuki usia satu tahun, tapi belum melihat perkembangan tersebut. Terutama saat melihat si kecil mampu berjalan sendiri.

Moms, jangan terburu-buru untuk panik dan juga khawatir. Atau bahkan berpikiran kalau si kecil mengalami kondisi delayed walking alias telat berjalan. Sebelum khawatir berkepanjangan, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui terlebih dulu tentang si kecil yang telat berjalan.

Mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailyRabu (9/9/2020), berikut lima di antaranya.

Belajar berjalan di usia 9-15 bulan

Umumnya, si kecil akan mulai berjalan pada usia 9 -15 bulan. Pada masa itu, tulang dan otot kakinya sudah mulai berkembang pesat dan kuat untuk berjalan. Makanya Moms, penting banget nih untuk melatih kekuatan otot kaki buah hati semasa ia masih bayi atau sekitar usia 0 – 1 tahun.

Misalnya, kamu bisa menempatkan bola berwarna cerah agar si kecil dapat bermain dan belajar menendang – nendang bola di atas tempat tidurnya. Tahapan bayi untuk duduk dan merangkak juga sangat penting agar si kecil bisa belajar keseimbangan nantinya, ketika ia berdiri dan mulai berjalan.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Hidung Bayi Bisa Mancung dengan Cara Dicubit? Begini Penjelasannya Moms!