Menu

9 Tanda Nyeri di Kaki Ini Bisa Jadi Peringatan Kalau Kamu Mengidap Kolesterol

23 Juni 2022 14:05 WIB
9 Tanda Nyeri di Kaki Ini Bisa Jadi Peringatan Kalau Kamu Mengidap Kolesterol

Ilustrasi kedutan di kaki (Exaude.com/Edited By HerStory).

HerStory, Bandung —

Kolesterol merupakan penyakit yang menyumbat pembuluh darah. Kolesterol dalam kadar yang sesuai sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain dari itu, kolesterol juga dibutuhkan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. 

Kolesterol mampu merusak organ lain dalam tubuh dan juga bisa saja mempengaruhi kaki. Berikut adalah beberapa tanda kolesterol yang terjadi di kaki, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2022).

1. Nyeri atau merasa tidak nyaman di kaki 

Alasan dibalik ketidaknyamanan adalah ada arteri yang tersumbat pada kaki. Hal ini dikarenakan kurangny pasokan darah yang masuk ke kaki sehingga membuat kaki merasa lelah atau sakit. 

2. Merasa nyeri bokong, betis, paha atau area lainnya

Ternyata, tanda kolesterol pada kaki bisa menyebabkan kamu merasa nyeri bokong, betis, paha atau area lainnya lho. Hal ini disebabkan karena kolesterol pada kaki cukup tinggi sehingga rasa nyeri mulai menyebar ke area dekat kaki.  

3. Sakit ketika berjalan

Pada beberapa orang, rasa sakit dimulai ketika mereka mulai berjalan di luar jarak normal. Namun, setelah beristirahat untuk sementara waktu, rasa sakit menghilang dan datang kembali ketika berjalan.

4. Sering mengalami kram atau kejang saat tidur

Selama tidur, orang dengan kolesterol juga bisa mengalami kejang atau kram. Mereka terjadi di jari-jari kaki, kaki depan atau tumit. Itu terjadi karena aliran darah ke kaki terhambat karena adanya sumbatan kolesterol.

Baca Juga: Super Simple dan Mudah, 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Baca Juga: Benarkah Santan Sumber Penyakit? Ini Kata Dokter

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.