Menu

Sering Hinggap Tiba-tiba, Bolehkah Kita Makan Makanan yang Sudah Terkena Semut?

28 Juni 2022 12:25 WIB
Sering Hinggap Tiba-tiba, Bolehkah Kita Makan Makanan yang Sudah Terkena Semut?

Basmi semut di rumah

HerStory, Jakarta —

Seringkali kita tak menyadari kedatangan semut pada meja makan. Binatang kecil itu suka sekali menghinggpi makanan manis.

Islam merupakan agama yang menekankan kebersihan dan kesucian dalam hal apapun. Nah, bagaimana jika kita memakan makanan yang telah terkena semut (disemutin)?

Sebelum menjawab hukum yang sebenarnya terkait memakan makanan yang ada semut di dalamnya atau makanan yang terkena semut, perlu kiranya kita membaca dan merenungi hadits di bawah ini“Apabila seekor lalat hinggap di bejana milik salah seorang dari kalian, hendaknya ia mencelupkan lalat ke dalam minuman tersebut, kemudian membuangnya, karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya” (HR al-Bukhari).

Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitabnya Fath al-Bari menjelaskan pengembangan dari hadits di atas:

“Sebagian Ulama menjadikan hadits ini dalil bahwa air yang sedikit tidak najis dengan jatuhnya bangkai hewan yang tidak mengalirkan darahnya pada bejana tersebut” (Ibnu Hajar al-Haitami, Fath al-Bari [Beirut: Darul Fikr], juz 10, hal. 251).

Baca Juga: Waspada! Ini Hukum Gembar-gembor Pengalaman Bercinta Suami Istri ke Orang Menurut Islam, Haram Gak Sih Sebenarnya?

Baca Juga: Oral Seks hingga Telan Sperma Jadi Kebiasaan Pasutri, Boleh Gak Sih Dilakukan Menurut Hukum Islam?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan