Air putih sudah menjadi kebutuhan kita tiap harinya. Selain dapat mengatasi rasa dahaga, air putih juga memiliki manfaat untu membantu sistem kekebalan tubuh bahkan memperbaiki suasana hati.

Tapi tahukah kamu? Ternyata jika kurang minum air putih bisa menaikkan berat badan? Kok bisa ya?

Melansir dari beberapa sumber, sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Air ini berfungsi menjalankan semua fungsi tubuh seperti metabolisme dan membuang racun-racun dari tubuh.

Akan tetapi, jika tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka tubuh akan mulai menahan air. Nah, inilah yang membuat berat badan semakin bertambah dan membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Disaat kurangnya air dalam tubuh, kita akan merasa lebih lapar. Saat dehidrasi, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak sehingga otak mengambil sinyal haus dan mengirim sinyal lapar sebagai gantinya. Inilah yang membuat kita akan makan dalam jumlah yang lebih banyak.

Kurang asupan air pada tubuh juga akan membuat metabolisme tubuh menjadi menurun sehingga cairan tersebut akan memicu sembelit pada tubuh. Sistem internal yang tidak berfungsi dengan baik akan membuat penurunan berat badan semakin sulit dilakukan.