Beauty, pertemuan luar biasa para Menteri Perburuhan dan Ketenagakerjaan dari Negara Anggota G20 membuat Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan dukungan Indonesia pada agenda "Memberdayakan Rakyat dan Mewujudkan Peluang Abad 21 untuk Semua" yang diusung oleh Presidensi G20, Kerajaan Arab Saudi. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada kesempatan ini, dia pun menyampaikan isu strategis bidang ketenagakerjaan.

Isu-isu strategis tentang ketenagakerjaan ini ialah sebagai berikut:

  1. Mengadaptasi perlindungan sosial untuk mencerminkan pola kerja yang berubah. 
  2. Mempersiapkan kaum muda yang lebih baik untuk transisi dunia kerja. 
  3. Mewujudkan kesetaraan gender di dunia kerja.
  4. Mengeksplorasi penerapan wawasan perilaku dalam rangka merumuskan kebijakan pasar tenaga kerja yang kuat untuk diadopsi ke dalam Deklarasi Menteri Perburuhan dan Tenaga Kerja negara anggota G20.

Ida menjelaskan bahwa ia mengacu pada isu pertama, yaitu perlindungan sosial adalah kunci untuk menavigasi multi-transisi masa depan pekerjaan.

"Kebijakan perlindungan sosial di saat krisis dan kondisi normal, dapat terus diperkuat dengan mendorong dialog sosial untuk menghasilkan skema perlindungan yang terbaik, tepat dan inklusif, " tutur Ida malam tadi, Kamis (10/9/2020).

Menurut Ida, adanya Covid-19 merupakan peluang bagi negara-negara G20 untuk merefleksikan dan mengoptimalkan kebijakan perlindungan sosial bagi pekerja yang sebaiknya terintegrasi dalam mewujudkan perlindungan sosial untuk semua.

Baca Juga: Sedih! Christina Aguilera Mengenang Kepergian Ruth Bader Ginsburg..