Menu

Kata Siapa Kehidupan Seks Lansia Monoton? Ini Lho 6 Tips Hubungan Ranjang Semakin 'Panas' dan Bergairah, Umur Bukan Batasan!

29 Juni 2022 13:25 WIB
Kata Siapa Kehidupan Seks Lansia Monoton? Ini Lho 6 Tips Hubungan Ranjang Semakin 'Panas' dan Bergairah, Umur Bukan Batasan!

Pasangan lansia ilustrasi (Unsplash/Esther Ann)

HerStory, Jakarta —

Seiring bertambahnya usia, pasti energi dan stamina juga makin berkurang. Hal ini membuat banyak orang berasumsi bahwa seks hanyalah untuk anak muda saja. Namun ternyata, kenyataannya tak seperti itu lho!

Banyak lansia yang terus menikmati seksualitas mereka hingga usia 80-an dan seterusnya. Kehidupan seks yang sehat tak hanya memuaskan, tetapi juga baik untuk aspek lain dari kehidupan, termasuk kesehatan fisik dan harga diri. Demikian seperti dilansir dari webMD. 

Seiring bertambahnya usia pria, kadar testosteron menurun dan perubahan fungsi seksual sering terjadi. Perubahan fisiologis ini dapat mencakup:

  • Kebutuhan akan lebih banyak rangsangan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi dan orgasme
  • Orgasme lebih pendek
  • Ejakulasi kurang kuat dan lebih sedikit ejakulasi air mani
  • Waktu yang lebih lama diperlukan untuk mencapai ereksi lagi setelah ejakulasi

Kamu mungkin merasa cemas tentang perubahan ini, tetapi ingatlah bahwa perubahan itu tak harus mengakhiri kenikmatan seks. Beradaptasi dengan tubuh yang berubah dapat membantu mempertahankan kehidupan seks yang sehat dan memuaskan.

Misalnya, seorang mungkin perlu menyesuaikan rutinitas seksual kamu untuk memasukkan lebih banyak rangsangan agar terangsang.

Pada usia berapa pun, masalah emosional dapat memengaruhi seksualitas. Banyak pasangan yang lebih tua melaporkan kepuasan yang lebih besar dengan kehidupan seks mereka karena mereka memiliki lebih sedikit gangguan, lebih banyak waktu dan privasi, dan tak ada kekhawatiran tentang kehamilan.

Di sisi lain, beberapa orang dewasa yang lebih tua atau lansia merasa tertekan oleh masalah kesehatan, masalah keuangan dan perubahan gaya hidup lainnya. Depresi dapat menurunkan keinginan dan minat untuk berhubungan seks. Jika merasa mungkin mengalami depresi, bicarakan dengan dokter atau konselor kamu.

Seks mungkin tak sama untuk kamu atau pasangan seperti ketika masih muda. Tetapi seks dan keintiman dapat terus menjadi bagian yang berharga dalam hidup kamu. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan saat lansia:

Bicaralah dengan pasangan

Meskipun sulit untuk membicarakan seks, berbagi kebutuhan, keinginan, dan kekhawatiran kamu secara terbuka dapat membantu kamu berdua lebih menikmati seks dan keintiman.

Kunjungi dokter

Dokter kamu dapat membantu kamu mengelola kondisi kronis dan obat-obatan yang memengaruhi kehidupan seks kamu. Jika kamu kesulitan mempertahankan ereksi, tanyakan kepada dokter kamu tentang perawatannya.

Baca Juga: Ssst! Wanita Harus Tahu, 3 Tanda Suami Ingin Bercinta, Jangan Ditolak Ya!

Baca Juga: Ternyata Ini Lho Alasan 'Bercinta' Sangat Menyakitkan Bagi Wanita, Working Moms Perlu Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza