Menu

Menjalang Iduladha 2022, Waspada Koletserol Tinggi! Ini 3 Obat untuk Mengatasi Kolesterol

29 Juni 2022 17:15 WIB
Menjalang Iduladha 2022, Waspada Koletserol Tinggi! Ini 3 Obat untuk Mengatasi Kolesterol

Ilustrasi obat-obatan. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebentar lagi iduladha 2022. Nah, siap-siap nih kolesterol bakal melejit karena kelebihan makan daging. Nah, untuk mencegahnya kamu harus imbanhi pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Namun, apabila usaha kamu masih belum membuahkan hasil dan kadar kolesterol masih tergolong tinggi, dokter akan merekomendasikan pemilihan obat yang sesuai dengan kamu. Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kondisi kolesterol tinggi, antara lain:

1. Bile acid sequestrants

Obat penurun kolesterol yang juga memiliki nama lain acid-binding agents ini dapat meluruhkan kolesterol pada usus. Sama halnya dengan obat kolesterol pada umumnya, obat ini dapat menurunkan kadar LDL.

Selain itu, obat ini juga dapat meningkatkan kadar HDL, meski tidak dapat mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh.

2. Statin

Statin tergolong obat yang paling efektif dalam mengatasi banyaknya jumlah kolesterol jahat dalam darah. Sebagian efek samping masih tergolong ringan dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun, ibu hamil dan penderita penyakit liver kronis sebaiknya tidak mengonsumsi obat kolesterol yang satu ini.

Baca Juga: Ahli Sebut Iduladha Berisiko Picu Lonjakan Kasus Covid-19, Kok Bisa?

Baca Juga: Waspada Kolesterol Mendadak Kumat Gegara Makan Daging Kurban Berlebihan, Ini Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.