Keracunan makanan biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan mentah, makanan yang tidak proses dengan baik, dan makanan yang tidak bersih. Akan tetapi, ternyata keracunan makanan lebih rentan dialami oleh anak, lho! Terutama saat anak masih berusia balita karena sistem pencernaanya dan kekebalan tubuh mereka belum berfungsi dengan baik.

Gejala keracunan ini biasanya dimulai dengan diare, demam, dehidrasi, muntah hingga darah pada feses anak. Biasanya terjadi karena makanan yang dikonsumsi oleh si kecil mengandung bateri E.Coli, Salmonella, atau Listeria.

Untuk menghadapi si kecil yang mengalami keracunan enggak perlu panik, ya, Moms! Ini dia tips pertolongan pertama yang bisa Moms lakukan untuk si kecil!

1. Hindari obat diare yang dijual bebas

Saat si kecil mengalami keracunan makanan dan diare, hindari memberikan obat diare yang dijual bebas untuk anak, ya, Moms! Memberikan obat diare akan membuat keracunan menjadi semakin parah dan proses penyembuhannya akan lebih lama.

2. Berikan air putih yang banyak

Air putih sangat penting disaat si kecil mengalami keracunan makanan. Apalagi saat anak diare dan muntah-muntah. Hal ini menyebabkan cairan dalam tubuh akan berkurang sehingga mengakibatkan dehidrasi. Oleh karena itu, perlunya asupan air yang banyak saat si kecil keracunan makanan.

Baca Juga: Moms, Anak Kebiasaan Menggigit Kuku? Yuk, Hentikan Kebiasaan Si Kecil dengan Cara Ini!