Menu

Duh, Bisa Bikin Dompet Ambles! Ini 7 Peralatan Elektronik dengan Daya Listrik Besar, Tiati Tagihan Bengkak Moms!

01 Juli 2022 12:45 WIB
Duh, Bisa Bikin Dompet Ambles! Ini 7 Peralatan Elektronik dengan Daya Listrik Besar, Tiati Tagihan Bengkak Moms!

Ilustrasi seorang wanita dengan setrika uap dan setumpuk pakaian. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Biaya hidup kini semakin naik dan mahal. Ditambah lagi, per hari ini, 1 Juli 2022 beberapa kategori listrik oleh PLN akan naik. Untuk itu, kamu harus tahu nih Moms, apa saja sih peralatan rumah tangga yang memakan biaya listrik sangat besar demi mengantisipasi pembengkakan biaya listrik di rumah.

Salah satu upaya jitu menekan pengeluaran listrik adalah menekan penggunaan peralatan elektronik. Sehingga, beberapa peralatan elektronik dengan daya listrik tinggi perlu dibatasi penggunaannya.

Usut punya usut, beberapa peralatan elektronik berikut memerlukan daya tinggi untuk beroperasi. Apa saja?

1. Pendingin ruangan

Pendingin ruangan atau AC (air conditioner) banyak digunakan di Indonesia, terutama pada musim kemarau yang panas. Kehadiran AC memberikan kenyamanan bagi keluarga Indonesia dengan iklim tropis yang panas musim kemaraunya menyengat.

Meski diminati, ternyata AC memerlukan daya listrik yang besar untuk beroperasi. Satu unit AC bisa memerlukan daya listrik sebesar 819 Watt. Sedangkan untuk AC tertentu yang memiliki teknologi hemat daya bahkan masih dalam kisaran 540 Watt.

Sehingga, pemakaian AC harus dibatasi, salah satunya dengan mematikannya saat keluar ruangan dan menggunakan fitur hemat daya.

2. Penanak nasi

Masyarakat Indonesia yang mayoritas gemar makan nasi tentu tak dapat terpisah dari penanak nasi (rice cooker). Satu unit rice cooker ternyata memakan daya listrik tinggi 350 watt.

Biang kerok mengapa rice cooker boros listrik adalah fitur penghangatnya. Beberapa orang masih sengaja atau lupa meninggalkan nasi yang sudah matang di rice cooker dalam mode penghangat. Sehingga, disarankan untuk menyimpan nasi yang sudah matang di termos nasi agar hemat listrik.

Baca Juga: Moms Perhatikan! Gak Boleh Asal Taruh Perabotan, Ini Letak Ruang Makan yang Bagus Menurut Fengshui!

Baca Juga: Catat, Moms! 3 Tips Mengelola Keuangan yang Cerdas dan Praktis ala Mona Ratuliu dan Indra Brasco

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza