Menu

Please Jangan Biasain Makan Siang di Meja Kerja, Ini 6 Dampak Buruknya, Salah Satu Bisa Picu Penyakit Jantung! Ngeri…

01 Juli 2022 12:30 WIB
Please Jangan Biasain Makan Siang di Meja Kerja, Ini 6 Dampak Buruknya, Salah Satu Bisa Picu Penyakit Jantung! Ngeri…

Ilustrasi wanita makan siang di meja kerja. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, salah satu kebiasaan yang cukup banyak dilakukan oleh karyawan seperti kita adalah makan siang di meja kerja. Ya, entah karena sulit bagimu untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan, atau memang sudah menjadi kebiasaan.

Padahal, ada risiko kesehatan yang bisa didapatkan jika sering makan siang di meja kerja. Sepertii sakit punggung, gangguan kaki, bahkan peningkatan risiko penyakit jantung!

Samantha Cochrane, RDN, LD, Ahli Gizi dan Diet terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan, istirahat untuk makan siang sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk makan siang di meja kerjamu, Beauty

Jadi, jika kamu kebetulan memiliki waktu satu jam penuh, Cochrane menyarankan untuk memanfaatkan 30 menit ekstra itu untuk menyempatkan menggerakkan diri agar tetap aktif.

"Waktu yang dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat berbeda dari orang ke orang. Di sebagian besar tempat kerja saat ini, ini antara 30 hingga 60 menit. Dengan 30 menit, saya akan merekomendasikan menggunakan 15-20 menit untuk makan dengan penuh perhatian dan perlahan, meninggalkan waktu tambahan waktu untuk istirahat dan mencerna," tuturnya.

So Beauty, jika kamu masih gemar atau terbiasa makan di meja kerja, berikut 6 dampak buruknya dilansir dari Eat This.

1. Makan jadi lebih cepat

Ketika kita makan di meja kerja, kita sering diliputi oleh gangguan yang dapat menyebabkan kita kehilangan isyarat yang menunjukkan perasaan kenyang. Dari email baru hingga proyek tertunda, sepertinya selalu ada sesuatu yang kamu lakukan saat makan.

Sementara multitasking mungkin membuatmu merasa produktif, kamu mengorbankan makan secara intuitif ke titik di mana kamu bahkan mungkin tidak menyadari kamu merasa puas, Beauty.

"Ketika terganggu kita cenderung makan lebih cepat. Makan lebih cepat dapat secara tidak sengaja menghasilkan makan lebih banyak (karena) tidak selaras dengan tingkat kelaparan kita dan mencapai keadaan terlalu kenyang dan kenyang," paparnya. 

2.  Kurang berjalan

Kamu mesti tahu, Beauty, makan siang bisa menjadi satu-satunya waktu di mana kita menjauh dari meja kerja kita. Jika kamu makan di meja kerja, maka hilanglah aktivitas berjalan yang diperlukan itu.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.