Penyakit cacingan rentan terjadi pada anak-anak di usia dini. Anak rentan terkena cacingan karena masalah kebersihan. Apalagi, kalau si kecil senang bermain di tempat-tempat yang terkontaminasi telur cacing di dalamnya. Kalau dibiarkan dan enggak segera ditangani, hal ini fatal akibatnya dan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Seperti yang dikutip dari laman Kids Health Information, ada banyak jenis cacing usus yang sering menginfeksi anak-anak. Tetapi yang paling umum adalah cacing kremi.

Cacing kremi merupakan salah satu jenis cacing gelang yang banyak ditemukan pada anak usia prasekolah dan sekolah. Cacing kremi ini menyebabkan bokong terasa sangat gatal, dan biasanya memburuk pada malam hari. 

About Kids Health menyebutkan, penyebab cacingan pada anak adalah parasit yang hidup di dalam usus. Parasit diusus ini biasanya dalam bentuk cacing kremi dan pita yang masuk ke dalam tubuh dan menjadikan usus sebagai tempat tinggal.

Bisa dibilang, kalau cacingan pada anak ini adalah hal umum yang sering terjadi. Faktor lingkungan yang enggak higenis hingga masalah kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil bisa menjadi pemicu timbulnya cacingan pada anak.

Umunya, ciri-ciri anak cacingan bisa dilihat dari kondisi fisiknya. Berikut ini empat ciri-ciri cacingan pada anak yang perlu Moms tahu, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/9/2020).

Anak sering mengeluh sakit perut

Anak yang terkenan cacingan mengalami berbagai keluhan di sistem pencernaan. Salah satu yang sering dikeluhkan ialah sakit perut. Sakit perut pada anak bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah infeksi cacing.

Biasanya, sakit perut yang ditimbulkan karena cacingan muncul secara berulang kali dengan intens yang enggak begitu parah. Moms, kalau si kecil sering ngeluh sakit perut, langsung dibawa ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut ya.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Hidung Bayi Bisa Mancung dengan Cara Dicubit? Begini Penjelasannya Moms!