Ada perkembangan terbaru mengenai penularan virus corona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut bahwa anak-anak tanpa gejala bisa menularkan virus corona kepada orang dewasa. Mengapa begitu?

CDC pun melakukan pelacakan pada fasilitas penitipan anak. Hal ini dilakukan guna mengetahui siapa saja yang terlibat kontak langsung dengan anak yang terinfeksi corona tanpa gejala. Para peneliti berhasil melacak 184 orang yang terhubung dengan tiga fasilitas penitipan anak di Salt Lake County dari bulan April hingga Juli 2020 lalu.

Setelah dilacak, CDC pun mengungkapkan bahwa ada 12 anak dan satu diantaranya berusia berusia delapan bulan terinfeksi COVID-19 di fasilitas penitipan anak. Anak-anak tersebut juga menularkan virus kepada 12 orang lain di luar lingkungan penitipan anak, termasuk para orang tua.

"Anak-anak yang terinfeksi dari fasilitas ini memiliki gejala ringan bahkan tanpa gejala. Dua dari tiga anak tanpa gejala kemungkinan menularkan virus corona  kepada orang tua mereka dan mungkin kepada guru mereka," tulis peneliti Cuc Tran dan rekannya, dari CDC dikutip dari laman CNN (15/9/2020).

"COVID-19 tidak terlalu parah pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa, tetapi anak-anak masih dapat berperan dalam penularan," tulis " lanjut Cuc Tran.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Lidah Jadi Gejala Virus Corona, Benarkah Begitu?

Secara keseluruhan, anak-anak menyumbang 13 dari 31 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi terkait dengan fasilitas tersebut, dan semua anak memiliki gejala ringan atau tidak ada gejala. Pada bulan Agustus, peneliti Korea Selatan melaporkan bahwa anak-anak, bahkan mereka yang tidak memiliki gejala, dapat membawa virus Corona di hidung dan tenggorokannya selama berminggu-minggu.