Moms, dalam masa tumbuh kembang si kecil, anak bisa tumbuh dengan kepribadian ekstrovert maupun introvert. Sebagai ibu yang baik, mengenali kepribadian si kecil itu penting lho, Moms. Hal ini bisa membantumu mengetahui cara terbaik memberikan dukungan kepada si kecil agar memaksimalkan minat bakat yang dimilikinya.

Ngomong-ngomong soal kepribadian, banyak anak yang tumbuh dengan memiliki kepribadian introvert. Introvert merupakan istilah psikologi yang menggambarkan kepribadian seseorang yang cenderung pendiam dan lebih suka menyendiri.

Anak yang tumbuh dengan kepribadian ini, bisa dikatakan lebih tertutup dan enggak mudah menyesuaikan dirinya dengan lingkungan. Ia lebih suka menyendiri ketimbang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan bersama teman-temannya.

Meski kelihatannya lebih suka menarik diri dari keramaian, rupanya ini salah satu cara introvert untuk lebih peka terhadap lingkungannya lho. Anak introvert biasanya memiliki empati yang tinggi dan terhubung secara interpersonal. 

Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/9/2020), berikut lima tanda untuk mengenali kepribadian introvert pada anak.

Menghindari kontak mata dan interaksi lebih dengan orang lain

Seperti yang sudah disebutkan di awal, anak introvert cenderung pemalu dan tertutup. Salah satu ciri yang ia tunjukkan adalah selalu menghindari kontak mata saat berbicara dengan orang di sekitarnya. Bukan enggak sopan, tapi ia berusaha melindungi dirinya dari intimidasi dan rasa malu.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Hidung Bayi Bisa Mancung dengan Cara Dicubit? Begini Penjelasannya Moms!