Tentunya sebagai wanita selalu ingin tampil maksimal, iya kan Beauty? Namun, ada saja masalah kulit yang dihadapi. Mulai dari kulit kering, berminyak hingga kulit berjerawat.

Munculnya jerawat merupakan hal yang manusiawi. Umumnya jerawat muncul di bagian wajah dan punggung, namun tak jarang jerawat juga timbul di area dada. Timbulnya jerawat di dada membuat rasa tak nyaman ketika bergesekan dengan pakaian. Selain itu juga dapat mengganggu penampilan saat mengenakan pakaian terbuka.

Dokter kulit, Marnie Nussbaum, MD mengatakan, Dada adalah tempat yang sangat umum untuk munculnya jerawat. "Sama seperti di wajah, bahu, atau punggung kita, kelenjar sebaceous dada bisa menjadi kelebihan beban dengan minyak, menyebabkan pori-pori tersumbat, yang menyebabkan peradangan. dan pembentukan jerawat atau whiteheads."

Ahli kulit di New York, Dendy Engelman, M.D mengatakan jika dada mudah berkeringat mungkin sangat rentan dengan jerawat. Jerawat juga dapat terjadi karena dermatitis yang menghasilkan iritasi dari gesekan pakaian dan keringat dapat memperparah keadaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut cara menghilangkan jerawat di dada menurut dokter kulit yang dilansir dari laman womenshealthmag (23/2/2020):

1. Perhatikan Rutinitas Setelah Olahraga

Perlu diperhatikan bahwa baju olahraga dapat mengakumulasi keringat dan geresakan yang menyebabkan timbulnya jerawat. Nussbaum menyarakankan untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari kain atau berbahan katun agar kulit bisa bernapas.

Baca Juga: Waw! 7 Makanan Ini Bisa Menghilangkan Jerawat, Ampuhkah?

2. Ganti Pakaian Setelah Berkeringat

Jerawat pada dada disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Setelah olahraga dan berkeringat segeralah mandi dan mengganti pakaian yang bahas agar pori-pori kulit tidak tersumbat. Nussbaum mengatakan, jika enggak sempat membilas dengan air, gunakan handuk basah atau kering untuk membersihkan dadamu.

3. Lakukan Eksfoliasi

Seperti wajah, tubuh juga harus dieksfoliasi untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang menghambat pori-pori penyebab jerawat.

"Pengelupasan kulit satu hingga dua kali seminggu akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat," kata Nussbaum.

4. Periksa Deterjen yang Digunakan

Jika sudah melakukan semua cara di atas, namun jerawat tetap muncul maka periksa deterjen yang kamu gunakan. "Mungkin saja kamu alergi terhadap bahan kimia atau aroma tertentu dalam deterjen. Gunakan deterjen bebas pewarna, bebas pewangi dan pelembut kain. Seringkali aroma dan pewarna yang menyebabkan masalah." ujar Engelman.