Beauty, ada penyakit kulit bernama tinea corporis yang merupakan infeksi jamur menular yang disebabkan oleh parasit seperti jamur yang hidup pada sel-sel di lapisan luar kulit. Makanya penting buatmu untuk melakukan pencegahan yang signifikan, seperti yang dilansir dari Healtline.

Kendati demikian, kamu perlu mengetahui pula apa saja yang jadi pemicu hadirnya penyakit ini di kulit sampai bisa menularkan penyakit kulit yang bikin gatal banget ini. Penasaran apa saja? Langsung saja simak di bawah ini, ya!

1. Manusia ke manusia

Tinea corporis sering menyebar melalui kontak langsung dari kulit ke kulit dengan orang yang terinfeksi. Hati-hati mulai sekarang ya, Beauty.

2. Hewan ke manusia

Enggak cuma dari manusia ke manusia, tinea corporis juga bisa ditularkan melalui sentuhan dari hewan peliharaan. Kamu bisa terinfeksi tinea corporis ketika membelai atau merawat anjing, kucing, bahkan sapi, lho.

3. Kontak benda

Ini penting banget untuk diperhatikan, penularan melalui kontak dengan benda atau permukaan yang baru saja kamu sentuh atau digosok oleh orang atau hewan yang terinfeksi, seperti pakaian, handuk, seprai, sisir, atau sikat. Jadi mulai sekarang jangan pernah berbagi hal tadi pada orang lain ya!

4. Kontak dengan tanah

Meskipun jarang banget terjadi, tinea corporis dapat menyebar ke manusia melalui kontak dengan tanah yang terinfeksi.

Tinggal di iklim hangat bisa meningkatkan risiko terkena tinea corporis, termasuk juga melakukan olahraga yang meningkatkan kontak kulit dengan kulit, mengenakan pakaian ketat, serta memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Baca Juga: Kulit Sunburn Ditutup dengan Make Up, Aman Enggak, Ya?

Jadi, jangan sampai kamu membiarkan infeksi jamur menyebar sampai ke bawah permukaan kulit dan menyebabkan penyakit serius. Yuk, jaga kesehatan kulitmu, mulai dari sekarang!