Menu

Became Reliable Womenpreneur, WIN Berdayakan Wanita Pengusaha di Tengah Ketidakpastian Ekonomi yang Ada

11 Juli 2022 16:49 WIB
Became Reliable Womenpreneur, WIN Berdayakan Wanita Pengusaha di Tengah Ketidakpastian Ekonomi yang Ada

Diah Yusuf, selaku Chaiwoman Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN). (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, menurut data, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. UMKM sendiri menyumbang 60 persen dari total ekonomi nasional dan 97 persen dari sisi penciptaan dan penyerapan kesempatan kerja. Pernyataan tersebut didukung data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) yang menunjukkan bahwa mayoritas pelaku UMKM adalah wanita. Terkait hal itu, Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN) pun melihat bahwa kaum wanita di Indonesia memegang peran yang sangat penting, terutama melalui kiprah mereka yang terjun sebagai pelaku usaha (womenpreneur).

Fyi Beauty, WIN sendiri adalah platform bersama untuk pemberdayaan dan penguatan jaringan kewirausahaan wanita Indonesia yang diinisiasi oleh Indonesia Council for Small Business (ICSB), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) yang bertujuan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals khususnya point ke 5, 8, 10 dan 17, yang selaras dan berjejaring aktif dengan lembaga internasional sebagai bagian dari komunitas global.

Adapun, WIN sendiri beranggotakan dari berbagai unsur profesional dan keahlian wanita dari berbagai bidang. Antara lain logistik, digital, e-commerce, transportasi serta korporasi akan bersinergi untuk menyukseskan setiap program yang diinisiatifkan. Latar belakang yang dimiliki para anggota diharapkan mampu membawa kontribusi yang lebih optimal bagi para womenpreneur di Indonesia.

Dan menurut Chaiwoman WIN, Diah Yusuf, peranan WIN di sini adalah menciptakan kesadaran womenpreneur Indonesia melalui pendidikan dan inspirasi kewirausahaan sehingga mereka bisa melakukan serangkaian aksi dan siap berubah menjadi womenpreneur yang tangguh, didukung dengan kesehatan mentalitas dan fisik yang baik serta dalam lingkungan keluarga yang harmonis.

Jadi sesuai namanya, WINI ingin menyatukan temen-temen pengusaha wanita di Indonesia. Kita pengen mereka ready to transform, siap untuk berubah, dimana kita sendiri punya tagline itu ready to transform and became realiable womenpreneur Indonesia. Jadi mereka harus bisa bertransformasi, udah siap untuk melakukan itu, menjadi wanita pengusaha yang tangguh,” tutur Diah Yusuf, saat ditemui HerStory di sela acara Womenpreneurs Gathering bersama G100, yang digelar di Philip Kotler Theatre, MarkPlus Institute, Jakarta, belum lama ini.

Tak hanya berkomitmen memajukan ‘kesehatan bisnisnya’ saja, kata Diah Yusuf, WIN juga memperhatikan keseimbangan peran wanita baik secara individu, di dalam keluarga maupun di dalam masyarakat.

Jadi, selain menumbuhkan kapabilitas dalam kewirausahaan dan kepemimpinan di kalangan wanita, mereka pun perlu untuk tetap memerhatikan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental serta keharmonisan dalam keluarga. Dikatakan Diah Yusuf, inilah bentuk keseimbangan yang ingin disuarakan oleh WIN.

“Jadi kita gak hanya fokus ke kesehatan bisnisnya aja yang harus dipikirkan, tapi juga kesehatan keluarganya, kesehatan dirinya sendiri karena kadang-kadang wanita suka lupa merhatiin itu semua. Kemudian harmonisasi keluarga juga harus mereka perhatikan. Jadi WIN mengingatkan akan pentingnya hal itu,” imbuh Diah Yusuf.

Baca Juga: Ekonomi Sulit Selama Pandemi, PT Lautan Luas Tbk Hadirkan Pelatihan Kewirausahaan

Baca Juga: Pesan Dian Sastrowardoyo Untuk Kamu yang Menggeluti UMKM

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: