Demi mendapatkan kulit yang sempurna, tentunya banyak sekali wanita yang melakukan segala perawatan kulit. Padahal perawatan wajah di klinik kecantikan butuh biaya yang enggak sedikit. Tapi kamu tahu enggak bahwa ada banyak tumbuhan yang bisa merawat kulitmu lho!
Salah satunya adalah daun kelor. Memiliki nama yang berbeda di setiap negara, Moringa dalam bahasa Latin, Sahijan dalam bahasa Hindi, Munaga dalam bahasa Telugu, Murungai dalam bahasa Tamil, dan 'Mulunggay' dalam bahasa Tagalog Filipina ini sedang banyak digunakan dalam berbagai perawatan wajah. Selain mempunyai banyak sebutan berbeda, ternyata daun kelor juga memiliki beragam manfaat untuk kulit, berikut penjelasannya:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun kelor memiliki manfaat mempercepat penyembuhan luka karena mengandung zat besi, bersifat anti-inflamasi dan antiseptik. Kandungan dalam daun kelor ini menyembuhkan luka ringan seperti memar dan luka bakar.

2. Memperlambat Proses Penuaan

Kandungan antioksidan dalam daun kelor memiliki beragam manfaat, seperti menjaga sel-sel sehat dalam tubuh, memperlambat proses penuaan kulit, dan mampu mengembalikan vitalitas kulit. Daun kelor bekerja membersihkan sel-sel kulit dari radikal bebas penyebab keriput.

3. Membuat Kulit Lembut

Kandungan belerang dalam daun kelor bermanfaat untuk pembentukan kolagen dan keratin. Kolagen adalah zat elastis yang membuat kulit menjadi lembut, sedangkan keratin adalah zat kaku yang berada pada lapisan atas kulit. Kedua zat ini terbuat dari protein yang ada pada belerang.

4. Detoksifikasi

Daun kelor bermanfaat untuk mendetoksifikasi atau membersihkan tubuh agar berfungsi secara maksimal. Ekstrak biji ramuan kelor sangat populer di industri kosmetik karena dapat menyaring kotoran yang tertanam di dalam kulit.

5. Mengatasi Jerawat

Ekstrak daun kelor banyak digunakan dalam industri kosmetik karena dapat meredakan jerawat yang meradang.

6. Memperkuat Jaringan Ikat

Asam amino dalam daun kelor dapat memperkuat jaringan ikat dan menjaga kulit tetap halus serta elastis. Daun kelor mengandung 18 asam amino yang berguna membantu tubuh berfungsi dengan baik. Memiliki kulit yang indah, kuku yang kuat, dan rambut berkilau adalah dambaan setiap wanita. Nutrisi yang diberikan asam amini membuat kulit, kuku, dan rambut akan menjadi sehat.

7. Membuat Rambut sehat

Daun kelor bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Daun kelor bermanfaat untuk mencegah kerusakan rambut, mencegah ketombe, serta memberikan kelembapan pada rambut kering. Daun kelor juga meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ketika sirkulasi darah meningkat, folikel rambut mendapatkan lebih banyak nutrisi, sehingga rambut menjadi kuat dan sehat.
Wah, kelihatannya daun ini biasa saja ternyata manfaatnya banyak ya, Apa kamu sudah coba, Beauty? Jika iya, bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!