Memberikan ASI untuk si kecil memang sangat bermanfaat ya Moms! Tentu saja Moms pasti selalu menginginkan agar ASI dapat keluar dengan lancar agar bayi dapat mendapatkan nutrisi yang cukup. 

Namun, ternyata ASI juga dapat berkurang lho Moms! Ini dia penyebab yang harus Moms ketahui kenapa produksi ASI dapat berkurang!

1. Pola makan

Pola makan Moms sangat berpengaruh untuk produksi ASI. Mengutip dari The Asian Parents (22/9/2020), jika Moms kekurangan nutrisi maka tubuh sendirilah yang akan terkena dampaknya. Hal itu dikarenakan  untuk produksi ASI, zat besi dan kalsium akan diambil dari ibu.

Oleh karena itu, jika Moms kekurangan nutrisi ASI tidak dapat diproduksi secara sempurna.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan asupan cairan akan membantu produksi ASI lebih sempurna untuk bayi. Moms, cobalah konsumsi oat, kacang almond, kacang arab, dan sayuran hijau agar produksi ASI menjadi lebih lancar.

Selain itu juga hindarilah makanan yang mengandung peppermint, parsley, dan oregano secara berlebihan karena akan menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang.

2. Kesehatan

Untuk mendapatkan ASI yang lancar, kesehatan baik fisik dan mental Moms sangat mempengaruhi, lho! Jika Moms tidur dengan cukup dan berada di lingkungan yang mendukung, tubuh akan memproduksi ASI menjadi lebih sempurna. Memang saat baru melahirkan, Moms tentunya akan kurang istirahat karena harus mengurus bayi dan rumah sekaligus. Meskipun begitu, tetaplah beristirahat yang cukup dan jangan terlalu memaksakan diri.

Baca Juga: Moms, Mau Produksi ASI Tetap Lancar? Yuk, Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Rutin!