Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik mendadak jadi sorotan warganet karena postingannya di instagram. Istri mendiang Jeffry Al Buchori ini dikomentari sinis usai mengunggah foto dirinya saat sedang menikmati cuaca di pagi hari.

Dalam foto yang diunggahnya pada Selasa, 22 september 2020 tampak Umi Pipik memakai gamis coklat dan hijab berwarna senada. Ia duduk bersila sambil memejamkan mata di atas rerumputan hijau pada halaman rumahnya.

Lihat postingan ini di Instagram

. ? . bahagia itu saat menyatu dengan alam di cahaya pagi , dalam nikmat nafas yg masih Allah titipkan dan mengingatNYA dalam rasa syukur atas karunia sehat wal a'fiat ?? " Subhanalloohu wa bi-hamdih, ‘adada kholqih, wa ridhoo nafsih, wa zinata ‘arsyih, wa midaada kalimaatihi..." . Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.... ?????? ( harus di kasih caption #berjemursambillagidzikirpagi# supaya gak dibilqng lg yoga atau meditasi bahkan bertapa ???????????? ) . hydrogen fontaine....frenchkhimar by @ummipipik_muslim_wear #gratheful#grathefulheart#prayer#blessed#dzikir#alhamdulillaah#dzikirpagi#istighfar#sunrise#hydrogenfontaine#sehat

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pipik Dian irawati (@_ummi_pipik_) pada 20 Sep 2020 jam 6:32 PDT

"Bahagia itu saat menyatu dengan alam di cahaya pagi, dalam nikmat nafas yg masih Allah titipkan dan mengingatNYA dalam rasa syukur atas karunia sehat wal a'fiat. 'Subhanalloohu wa bi-hamdih, 'adada kholqih, wa ridhoo nafsih, wa zinata 'arsyih, wa midaada kalimaatihi'," tulis Umi Pipik di akun instagramnya, dikutip Rabu (23/9/2020).

Di akhir, Umi Pipik menggarisbawahi bahwa dirinya sedang berjemur sambil dzikir pagi. Ia menegaskan tak melakukan meditasi dalam unggahan terbarunya. Umi Pipik sengaja menambahkan tagar tersebut lantaran ia tak ingin ada kesalahpahaman dari warganet nantinya.

"Harus di kasih caption #berjemursambillagidzikirpagi# supaya gak dibilqng lg yoga atau meditasi bahkan bertapa," tutur Umi Pipik.

Benar saja dugaan Umi Pipik, rupanya ada saja warganet yang tak membaca caption sebelum berkomentar pedas. Pose Umi Pipik dalam foto tersebut mengundang banyak cibiran sinis. Pasalnya, banyak warganet mengira pose yang dilakukan Umi Pipik adalah bagian dari gerakan meditasi dan yoga.

Dalam kolom komentarnya, sejumlah netizen mengatakan bahwa dalam ajaran agama Islam, tak ada yang namanya meditasi. Sempat terlibat perang komentar hingga diminta warganet menghapus foto yang dikira sedang meditasi. Namun Umi Pipik menolak hal tersebut.

"Mana ada Islam ngajarin meditasi pik," komen akun @surya***

Umi Pipik lalu membalas pernyataan warganet dengan menohok. Ia meminta mereka membaca lagi caption fotonya.

"Yg meditasi siapa bro??? Situ gak baca captionnya. Biasain baca caption sebelum ngemeng," balas Umi Pipik.

"Maaf umi lebih baik fotonya jangan gitu. Mancing orang2 gagal paham, termasuk saya. Untungya saya yg suka baca caption. Saya kirain beneran masa dzikir sambil duduk begitu. Bukannya pake tangan kanan aja cukup. Gitu tadi batin saya," tutur akun @laila***

Baca Juga: Kini Meditasi Online Mudah dengan Aplikasi Snapchat

"Makanya pentingnya husnudzon bu," balas Umi Pipik.