Menu

Hati-hati, 4 Makanan Ini 'Haram' Dikonsumsi, Berisiko Bikin Ginjal Rusak Lho!

02 Agustus 2022 14:00 WIB
Hati-hati, 4 Makanan Ini 'Haram' Dikonsumsi, Berisiko Bikin Ginjal Rusak Lho!

Kentang Goreng (Doyan Resep/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ginjal merupakan dua buah organ yang berbentuk seperti kacang merah dan berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Ginjal juga menjadi salah satu organ tubuh terpenting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Untuk itu, kamu harus menghindari makanan yang bisa meningkatkan risiko ginjal rusak. Sudah tahu belum?

Melansir dari laman Healthline (2/8/2022), berikut ini beberapa makanan yang enggak boleh sering dikonsumsi karena berbahaya untuk kesehatan ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

Daging olahan

Daging olahan merupakan ancaman bagi kesehatan ginjal. Pasalnya, daging olahan mengandung sodium dan natrium dalam jumlah tinggi. Kandungan itulah yang bisa membahayakan ginjal.

Jika kamu mengonsumsi 2.300 ml natrium dalam sehari, maka  tekanan darah bisa melonjak tinggi dan akan mengganggu kesehatan ginjal. 

Kentang goreng

Sebenarnya, kentang merupakan makanan yang kaya nutrisi, tapi harus diolah dengan cara yang benar. Jika kentang diolah dengan cara digoreng, maka bisa membahayakan kesehatan ginjal.

Kentangg mengandung tinggi potasium yang biasanya disarankan untuk diwaspadai jika ginjal terganggu dan mencapai CKD stasium 3A atau gagal ginjal tahap selanjutnya.

Baca Juga: Dikira Sehat, 3 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh, Waduh!

Baca Juga: Jangan Sarapan 4 Jenis Makanan Ini ya Moms, Bisa Berakibat Fatal untuk Kesehatan Jantung, Cek Yuk! Ada yang Kamu Suka Nggak?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.