Beauty, apakah kamu merasa selalu ingin ngemil di malam hari? padahal kamu baru saja makan malam. Ngemil di malam hari saat sebelum tidur ternyata berbahaya untuk kesehatan, lho! 

Apalagi kalau camilanmu adalah makanan yang tak sehat, tinggi kalori dan tak bergizi. kebiasaan ngemil ini bisa sebabkan risiko  beberapa masalah kesehatan, lho Melansir dari Halodoc, Senin (28/9/2020) begini dampaknya saat kamu ngemil di malam hari.

1. Meningkatkan Berat Badan

Ketika kamu tidur dan tak beraktivitas, maka sistem pembakaran tubuh otomatis menurun. Akibatnya, makanan yang dikonsumsi tak akan dibakar dan disimpan sebagai lemak. Penambahan lemak kemudian memicu risiko peningkatan berat badan.

2. Diabetes Melitus

Melansir dari Live Strong, studi yang dilakukan oleh Perelman School of Medicine dari University of Pennsylvania menunjukkan, ngemil di malam hari tak hanya menambah berat badan, tetapi juga meningkatkan kadar glukosa di dalam darah. Ngemil malam sebelum tidur dapat menumpuk lemak di tubuh, khususnya bagian perut.

Lemak yang ada perut ini yang berbahaya karena berhubungan dengan resistensi insulin yang dapat mengganggu metabolisme gula. Tentunya hal ini bisa memicu munculnya penyakit diabetes mellitus atau penyakit gula darah.

3. Penyakit Lambung atau GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit yang sering dipicu oleh kebiasaan makan yang dilanjut dengan berbaring atau tidur. Perlu diketahui, jika lambung penuh dengan makanan dan kamu langsung berbaring di tempat tidur, maka kondisi ini membuat asam lambung mudah naik ke arah kerongkongan.