Beauty, sarapan tak harus nasi melulu kok! Menu sarapan berikut ini bergizi seimbang dan berisi karbohidrat yang padat nutrisi, sehingga tubuh akan kenyang lebih lama. Karenanya, kamu gak perlu khawatir tak mendapat kandungan nutrisi yang cukup. 

Sarapan bergizi seimbang tak hanya didapat dari nasi saja, lho! Ada banyak alternatif lain, khususnya buat kamu yang sedang menghindari nasi karena diet. Namun, perlu diingat jika ada yang mengandung ekstra gula dan garam perhatikan porsinya ya, jangan sampai berlebihan. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/9/2020) berikut menu sarapan sehat pengganti nasi.

1.Pancake

Pancake bisa menjadi alternatif sarapan selain nasi yang tak kalah besar kandungan karbohidratnya. Pancake dapat dibuat menggunakan tepung dan putih telur sebagai protein. Sangat praktis dalam pengolahannya dan bisa disajikan dengan ragam topping sesuai selera.

2.Oatmeal

Oatmeal sangat cocok buat kamu yang sedang program diet. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan oatmeal instant secukupnya. Lalu tambahkan satu buah apel yang dipotong kecil dan kismis kering, Satu sendok makan sirup maple atau sirup buah lainnya. Kamu juga bisa menumbuhkan bubuk kayu manis secukupnya dan jangan lupa susu rendah lemak. Campur semua bahan tersebut ke dalam satu wadah. Menu sarapan sehat pun siap untuk disantap!

3.Sandwich

Sandwich terbilang praktis sebagai menu sarapan sehat. Sebab, sandwich pada umumnya terdiri dari roti, daun selada, bawang bombai, telur tomat dan keju. Semua bahan-bahan tersebut dapat dimakan secara mentah dalam balutan roti. Selain sehat, sandwich juga memiliki rasa yang nikmat.

4.Roti bakar

Roti bakar atau roti panggang yang berisi selai, mentega atau keju juga bisa lho menjadi alternatif sarapan pagi. Kandungan karbohidrat dalam roti cukup untuk mengganti karbohidrat dalam nasi dan menyimpan energi untuk aktivitas sehari-hari, setidaknya sampai siang hari. Sedikit saran, jika kamu menyiapkan roti bakar sebagai menu sarapan sehat sebaiknya hindari menggunakan selai dengan kadar gula yang tinggi.

Baca Juga: Sering Dikonsumsi Saat Sarapan, Apakah Nasi Goreng Baik untuk Kesehatan?