Beauty, menjaga kesehatan kulit memang penting. Tapi, kamu enggak boleh melupakan kalau kuku dan rambut juga perlu dijaga kesehatannya. Rambut sebagai simbol mahkotanya wanita, perlu dirawat agar tetap kuat, tebal, dan juga sehat.

Begitu pun dengan kondisi kuku tangan maupun kaki. Kamu enggak mau kan memiliki kulit cantik dan berseri, tapi kondisi kuku yang enggak memungkinkan?

Melansir dari laman Real Simple, Rabu (26/2/2020), pakar kecantikan Colleen Christenen mengatakan, kalau makanan-makanan tertentu memainkan peran besar dalam kesehatan rambut, kulit, dan juga kuku. 

Penasaran dengan makanan apa saja yang dimaksud? Yuk simak ulasan berikut!

Baca Juga: Tips & Trick untuk Perbaiki Kuku yang Rusak dengan Cepat

Biji Bunga Matahari

Beauty, biji bunga matahari itu kaya akan vitamin E lho! Vitamin E sendiri sangat penting untuk mencegah kerontokan pada rambut. Kekurangan nutrisi vitamin E dapat menghambat pertumbuhan sel normal, yang membuat rambut menjadi rontok. 

Christenen mengungkapkan, biji bunga matahari merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar vitamin E dan membantumu untuk menjaga rambut agar tetap tebal dan kuat.

Selain itu, kandungan antioksidannya juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan langsung sinar UV. Vitamin E juga merupakan agen anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada kulit.

Paprika Merah

Beauty perlu tahu, kalau paprika merah mengandung vitamin C lebih banyak ketimbang jeruk lho! Vitamin C penting untuk sintesis kolagen yang mengandung protein berlimpah dan bagus untuk kulit. Termasuk kesehatan rambut, kulit, dan juga kuku.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rambut rontok bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C. Makanan seperti paprika merah yang dikemas dengan vitamin C membantu tubuh menyerap zat tubuh yang bisa mencegah kerontokan pada rambut.

Kacang Pistasi

Kacang pistasi alias Pistachio mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal, di mana sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal ialah bisa memperbaiki penuaan pada kulit.

Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam Pistachio, juga terbukti bisa mengurangi kerontokan pada rambut dan membuat rambut menjadi tebal.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Kalau Stres Bisa Bikin Rambut Beruban?

Mentimun

Beauty, rambut dan kuku juga sangat berpengaruh dengan hidrasi dalam tubuh. Kuku yang kering dan rapuh bisa lebih rentan terhadap infeksi jamur. Hidrasi juga sangat penting untuk melawan rambut yang kering.

96% mentimun mengandung air di dalamnya, rutin mengonsumsi mentimun bisa menjadi alternatif pilihan agar tubuh tetap terhidrasi. 

Kurangnya hidrasi juga menyebabkan masalah kulit, seperti kulit kering, rentan terkelupas, hingga kerutan.

Telur

Lutein adalah fitonutrien yang ditemukan dalam telur dan sangat bermanfaat bagi kulit, rambut, dan juga kuku. Lutein yang ditemukan dalam telur sangat bioavailable itu artinya sudah tersedia untuk digunakan oleh tubuh. Manfaat Lutein pada kulit membuat kulit bercahaya lho Beauty!

Semoga bermanfaat!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.