Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan tenaga. Pasalnya saat olahraga tubuh mengeluarkan keringat yang membakar banyak kalori. Meski membutuhkan banyak tenaga, kamu sebaiknya menghindari olahraga setelah makan berat jika tak ingin hal ini terjadi.

Menurut Melissa Rifkin, ahli diet terdaftar dan pemilik Melissa Rifkin Nutrition di New York City, makan sebelum berolahraga sangat penting untuk olahraga dengan maksimal. Tapi hasilnya akan tergantung pada jenis olahraga dan jenis makanan yang kamu konsumsi. Gimana maksudnya?

Ada beberapa aturan umum yang harus kamu ikuti. Pada dasarnya, semakin besar porsi makanan yang dikonsumsi, semakin lama waktu yang harus kamu tunggu untuk berolahraga.

"Konsumsi makanan berat sesaat sebelum berolahraga dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut, seperti kembung dan kram. Selain itu, tak akan menghasilkan kinerja yang optimal karena otot dan sistem pencernaan bekerja di waktu yang bersamaan," kata Amie Rowe, ahli diet terdaftar yang berbasis di Raleigh dikutip dari Insider (29/9/2020).

Baca Juga: Rutin Jogging Bisa Kecilkan Perut, Benarkah Begitu?