Ilustrasi belanja online (Seb_ra/Edited By HerStory))
Beauty, apakah kamu salah satu yang doyan belanja online? Yap, berbelanja secara online sekarang ini bukan lagi menjadi hal baru, utamanya saat pandemi Covid-19.
Dan tahu gak Beauty, selama pandemi Covid-19 ini, transaksi belanja online di Indonesia trennya semakin meningkat, lho. Bank Indonesia sendiri mencatat, nilai transaksi e-commerce pada semester pertama 2021 sebesar Rp 186,75 triliun atau tumbuh 63,36% yoy.
Gak cuma itu, di sisi lain, pandemi pun secara gak langsung telah mengubah karakteristik belanja online masyarakat. Hal ini juga dirasakan oleh ShopBack, platform belanja dan rewards yang hadir di 10 kawasan di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
“Angka growth yang sebelum pandemi diperkirakan membutuhkan waktu lebih lama, ternyata dipercepat oleh pandemi. Beberapa kategori yang sebelum pandemi sangat kuat di ranah offline seperti kebutuhan rumah tangga, makanan dan minuman, sayur dan fresh food, bahkan gadget atau komputer tiba-tiba ‘terpaksa’ dibeli online,” ujar Galuh Kirana, General Manager ShopBack Indonesia, kepada HerStory, Kamis (4/8/2022).
Menariknya, lanjut Galuh, pandemi juga membuat masyarakat lebih peka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari setiap spending mereka (value for money). Sebelum berbelanja, kata dia, pengguna terbiasa untuk cek harga dulu, baca review produk dan penjual, cari kupon untuk diskon dan gratis ongkir, dan juga menunggu saat yang tepat untuk belanja.
Tak hanya itu, sambung Galuh, pengguna pun mengetahui kapan ada penawaran terbaik dan memanfaatkan momen tersebut untuk berbelanja online, misalnya tanggal kembar, promo tanggal 25, dan lain sebagainya.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.
Share Artikel: